Strategi Penetapan Harga - Pricing Strategy Peluang Bisnis Online untuk Sarjana Pengangguran

Berapa Jumlah Pengangguran Sarjana di Indonesia?

Untuk mencapai gelar sarjana tidak mudah, membutuhkan banyak pengorbanan. Pengorbanan materi, waktu, serta pikiran. Setelah gelar sarjana diperoleh juga membutuhkan perjuangan yang berat untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. Saat sekarang ini banyak sarjana menganggur.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Menurut badan pusat statistik (BPS) sarjana menganggur pada agustus 2009 meningkat 0,49% dari agustus tahun lalu, sedangkan pada tahun 2010 meningkat menjadi 11,92%, dan pada tahun 2011 BPS hanya menyebutkan angka 8.12 juta untuk pengangguran terbuka, kemungkinan sarjana menganggur di tahun 2011 mengalami peningkatan yang signifikan.

Terdapat beberapa faktor yang membuat permasalahan ini makin rumit, kualitas pendidikan yang masih rendah, tidak seimbangnya antara permintaan dan penawaran dari penyedia lapangan kerja, birokrasi dan aturan dari pemerintah, infrastruktur yang ada dan yang terakhir faktor kualitas sumber daya manusia.

Dari penyelenggaraan pendidikan itu sendiri, apakah ada yang salah dengan sistem pendidikan tinggi di indonesia saat ini? melihat problematika pendidikan, output dan pokok permasalahan pendidikan itu sendiri, maka pendidikan ke depan perlu lebih membumi, artinya ide dan teori yang diupayakan perlu relevansi dengan kebutuhan dan permasalahan. Contohnya, persoalan keadaan tanah dan iklim, kemiskinan, potensi kekayaan alam yang diberdayakan agar menjadi kekayaan rill yang bisa dinikmati banyak kalangan. Teori perlu diimplementasikan dalam tindakan nyata, dalam konteks ini perlu penyeimbangan antara teori dan praktek kehidupan.

Pemerintah perlu mengubah fokus pendidikan tinggi dari akademis ke vokasi, vokasi itu sendiri adalah pendidikan tinggi yang arahnya pada penguasaan keahlian terapan tertentu, tercakup dalam program diploma (I,II,III, dan IV). Untuk pendidikan vokasi seperti politeknik justru kekurangan lulusan untuk penyaluran ke dunia kerja, Dan pemerintah harus berani mengeluarkan anggaran yang lebih, mengingat didalam penyelenggaraan pendidikan vokasi membutuhkan dana yang besar untuk kebutuhan praktikum mahasiswa agar lebih terampil. dan jumlah sarjana menganggur bisa terminimalisir.

Anggapan kuno yang seringkali menjadi salah kaprah sewaktu di perkuliahan, kuliah yang benar dan dapat nilai bagus ternyata juga tidak menjamin seseorang mendapatkan pekerjaan dan ini membutuhkan pengembangan dari ilmu dan keterampilan yang didapat. Baik berupa riset atau jurnal ilmiah, tentu hal ini juga banyak memberi kontribusi kedepan kepada mahasiswa itu sendiri dan amat disayangkan bila ilmu yang di peroleh bertahun – tahun lamanya di perkuliahan ternyata tidak mampu mengubah kearah yang lebih kreatif, menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi mandiri sebagai enterpreneur muda.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Dengan hal ini tentu kita bisa berbangga diri karna telah menciptakan lapangan pekerjaan, baik secara kecil, menengah dan besar. Apalagi jika didalam proses perkuliahan tidak mampu belajar dengan baik, tentu akan lebih tidak mampu lagi menembus dunia kerja yang ketat.

Umumnya penyedia lapangan kerja membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai, dan sesuai dengan pendidikan dan keterampilan, dengan tidak banyak tersedianya lapangan pekerjaan untuk menampung para lulusan sarjana, membuat pemerintah menyesiasati dengan upaya mendatangkan investor asing untuk mau menanamkan investasinya di indonesia, tetapi kebijakan ini juga tidak mengubah ke arah yang lebih baik, malahan sarjana menganggur di indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Faktor peraturan dan regulasi usaha atau investasi pun mempengaruhi problema sarjana menganggur, dan membuat daerah yang kaya akan sumber daya alam tapi masih tertinggal, karena rakyat tidak bisa mengelola akibat terbentur aturan dan birokrasi. Dan faktor infrastruktur, banyaknya jalan yang belum tersedia dan yang rusak mempengaruhi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi didaerah, ini tidak seimbang dengan kekayaan yang dimiliki oleh negara, seperti pepatah “ada gula ada semut” dimana ada prospek yang bagus dan fasilitas lengkap pasti banyak investor yang akan menanamkan modalnya sebaliknya jika fasilitas yang diberikan tidak memadai maka mustahil akan maju, dan para pemodal tidak ingin usahanya sia – sia hanya karna permasalahan infrastruktur.

Telah banyak dibangun pusat – pusat industri di setiap provinsi di indonesia, contohnya di provinsi kepulauan riau tepatnya dikota batam, dan di kota tangerang - provinsi banten
Tidak bisa dipungkiri juga, terlepas dari pendidikan yang memadai, faktor sumber daya manusia juga berpengaruh sangat besar, sumber daya manusia indonesia dewasa ini kian berkembang dari tahun ketahun, mengingat berhasilnya dan menjamurnya perguruan tinggi yang ada saat ini. program baru telah disusun kemenakertrans bekerja sama dengan kementrian komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) dalam menyebar info lowongan kerja, baik di internet maupun media massa.

Mudah – mudahan hal ini bisa membantu dan sarjana menganggur dapat berkurang di tahun depan. Sekarang mulai saatnya untuk menanamkan kepada para mahasiswa jika setelah lulus diperguruan tinggi dapat mulai mengembangkan usaha sendiri dan tidak berlomba – lomba mencari dan merebut lowongan kerja yang diciptakan pihak swasta atau negara.

Pihak yang berkaitan saat ini sedang mengkampanyekan program entrepreneur muda dengan media seminar dan iklan, hal ini bisa di mulai dengan usaha kecil menengah (UKM), bahkan bisa juga merambah dunia bisnis online, mengingat bisnis ini sangat menggiurkan dan menjanjikan, dan ini juga harus sesuai dengan keterampilan, minat, dan peluang pasar yang ada.

Untuk Anda yang masih berprofesi sebagai Sarjana Menganggur, alangkah lebih baiknya jika mencoba untuk membuka sebuah usaha rumahan sendiri yang bisa menghasilkan, agar gelar sarjana yang sudah anda dapatkan dengan susah payah tidak terbuang dengan percuma saja.

Peluang usaha saat ini sudah sangat banyak semuanya tergantung pada ide dan kreatifitas anda dalam mengembangkan Peluang usaha tersebut. Ide dan Imajinasi dalam berfikir adalah hal dasar yang bisa anda kembangkan dalam peluang usaha yang anda geluti tersebut.

Dalam hal menganggur banyak pemuda indonesia yang sudah handal dalam bidang ini, namun beberapa di antara mereka ada yang memiliki inisiatif dalam mencari pekerjaan freelance, namun ada juga beberapa yang merasa gengsi bekerja freelance karena menurut mereka title mereka sudah tinggi dan tidak sepantasnya bekerja seperti itu.

Di dunia nyata, hidup sangatlah susah, hal ini di karenakan semakin bertambahnya penduduk bumi setiap harinya. Nah, begitu juga dengan pekerjaan, semakin bertambah tua bumi ini, maka kekayaan alampun akan semakin terkuras, dengan demikian akan banyak terjadinya pengurangan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang mengandalkan hasil bumi sebagai bahan baku perusahaannya.

Oleh karena itu, seorang sarjana menganggur harus mampu melihat setiap peluang usaha yang ada walaupun hanya berpotensi kecil, karena usaha tidak akan pernah besar jika tidak di mulai dari usaha yang kecil, kecuali kalau orang tua anda memiliki tabungan 7 turunan untuk menghidupi anda.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Comments are closed.

RP Bawah