Bagaimana Cara Melakukan Riset Bisnis?

Anda butuh panduan tips membuat riset bisnis? Riset bisnis merupakan hal pertama kali yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengelola sebuah usaha bisnis yang Anda pilih disebuah tempat.

Riset bisnis diperlukan sebagai upaya untuk mencari data nyata terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar. Melalui sebuah kebutuhan tersebut, maka akan muncul lah sebuah ide bisnis baru yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Riset bisnis juga diperlukan untuk mencari gambaran mengenai bagaimana prospek bisnis yang akan Anda kelola tersebut nantinya ke depan, apakah akan dimungkinkan muncul saingan, bagaimana upaya untuk menghadapi produk kompetitor yang sudah ada atau mungkin akan ada, bagaimana langkah inovasi Anda agar bisnis yang Anda kelola tidak mudah ditiru dan sebagainya.

Tips membuat riset bisnis diperlukan untuk mempermudah Anda dalam melakukan sebuah upaya bisnis. Kegagalan dalam melakukan sebuah riset merupakan kegagalan awal yang akan dialami oleh usaha bisnis Anda. Membuat sesuatu yang sudah dibuat orang, membuat sesuatu yang kurang atau tidak dibutuhkan orang, membuat sesuatu yang mudah ditiru orang merupakan beberapa indikasi kegagalan dalam proses riset bisnis.

Apa saja tips membuat riset bisnis agar diperoleh hasil terbaik dalam melakukan upaya penelitian tersebut? berikut ini beberapa diantara tips membuat riset bisnis yang bisa Anda lakukan:

1. Meneliti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan belum ada pihak yang memenuhi
Tips membuat riset bisnis adalah dengan meneliti apa yang menjadi kebutuhan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Hal yang paling dibutuhkan dan belum terpenuhi akan menjadi peluang bisnis yang sangat potensial. Anda sebagai pengelola baru sebuah usaha yang menyajikan kebutuhan masyarakat perlu mengantisipasi dengan membuat konsep bisnis yang sulit untuk ditiru orang, hal ini untuk menjaga munculnya para pengelola usaha bisnis saingan di waktu akan datang.

2. Meneliti apa yang kurang maksimal dilakukan orang baik dalam hal pelayanan, pemasaran dan sebagainya

Bila Anda ingin mengelola sebuah usaha bisnis yang telah dikelola oleh orang lain, maka tips membuat riset bisnis yang perlu Anda lakukan adalah mengamati apa yang belum maksimal dilakukan orang, apa yang masih menjadi celah untuk Anda mampu tampil beda dengan orang lain.

Misalnya Anda ingin membuka sebuah usaha toko buku yang sudah banyak ada di daerah Anda. Maka yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana membuat pelayanan yang belum dibuat oleh para toko buku yang ada. Misalnya dengan cara membuat layanan beli buku cukup hanya seperti membeli pulsa. Cara-cara kreatif dibutuhkan untuk membuat usaha Anda tetap tampil beda.

3. Segera ambil peluang yang sudah Anda teliti
Setelah menemukan sebuah peluang melalui berbagai usaha riset bisnis, tips membuat riset bisnis selanjutnya adalah segera mengambil peluang tersebut.

Jangan terlalu lama melakukan analisa, sebab bisa jadi Anda akan keduluan oleh orang lain yang mendirikan sebuah usaha bisnis sejenis. Atau bisa jadi Anda akan terjebak pada posisi seorang pengamat dan peneliti saja, namun tak berani mewujudkan ide-ide dan peluang yang sudah Anda temukan melalui sebuah riset bisnis.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Beberapa tips membuat riset bisnis di atas bisa Anda coba dan praktekkan sebelum yakin memilih sebuah usaha bisnis yang dipilih. Hal terpenting dalam memulai sebuah usaha bisnis adalah keberanian dari Anda sendiri.

Note : Blog bagus tentang sepakbola dan analisa bola dapat dilihat disini.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!