Apa itu Talent Management dan Bagaimana Melakukan Talent Management?

Talent management merupakan manajemen bakat, yang meliputi aspek pengelolaan terhadap sumber daya manusia sebuah perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang secara aktif menerapkan talent management merupakan perusahaan yang berupaya secara lebih profesional dalam mengelola kualitas sumber daya manusia perusahaan.

Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya menyadari adanya persaingan perusahaan di level individual sumber daya manusia perusahaan. Kualitas sumber daya manusia yang handal pada sebuah perusahaan merupakan aset tak ternilai yang akan mampu menunjang kelangsungan kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan secara lebih maksimal.

Download Contoh Lengkap Sistem Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Istilah talent management erat kaitannya dengan manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi. Kompetensi yang diharapkan dari sumber daya manusia meliputi kompetensi pengetahuan, keterampilan, pengalaman, berbagai karakter kepribadian yang biasanya ditunjukkan oleh sebuah sikap kebiasaan yang muncul.

Talent management biasanya meliputi tiga proses, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Proses pengembangan dan penguatan kompetensi karyawan baru pada saat awal masuk ke perusahaan

Talent management pada tahapan ini meliputi meliputi seleksi sumber daya dari perusahaan, bagaimana cara-cara kreatif yang bisa dilakukan untuk dapat menampung sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompetensi di banyak hal.

Proses pengembangan juga bisa dibantu langsung oleh pihak perusahaan melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pembekalan menyangkut kompetensi sumber daya manusia yang baru diterima di perusahaan. Penyaringan sumber daya manusia yang berkualitas dari awal bisa dilakukan salah satunya dengan cara memberikan iming-iming imbalan gaji yang besar. Dengan cara ini diharapkan mampu menarik perhatian pihak-pihak sumber daya manusia yang lebih berkompeten.

2. Upaya memelihara serta mengembangkan sumber daya manusia yang memang sudah ada di perusahaan

Sumber daya manusia yang sudah ada di perusahan perlu terus dikembangkan dan diarahkan agar mampu terus meningkat kualitasnya. Pengembangan sumber daya manusia perusahaan menjadi salah satu tanggung jawab perusahaan.
Banyak cara yang bisa terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sudah ada, diantaranya dengan memberi pembekalan pelatihan, melakukan evaluasi kinerja dan arah dan cara-cara kreatif lain yang biasanya dilakukan oleh pihak perusahaan.

3. Upaya mencari dan menarik sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang baik, komitmen serta karakter kerja yang baik bagi perusahaan

Untuk menjaga kualitas sumber daya manusia sebuah perusahaan, maka perlu dila