Strategi Penetapan Harga – Pricing Strategy

Manajemen harga menjadi salah satu kebijakan penting sebuah perusahaan yang akan mempengaruhi tingkat penjualan produksi dari perusahaan. Penetapan harga jual merupakan salah satu poin penting di dalam manajemen harga. Pada prinsipnya, harga jual merupakan angka yang sudah menutupi biaya produksi secara utuh dan ditambahkan dengan laba atau keuntungan dalam jumlah yang wajar.

Kemampuan untuk menentukan harga jual yang tepat akan sangat menentukan nasib penjualan produk di pasaran. Upaya menentukan harga jual di pasaran sebagai salah satu bagian dari manajemen harga perlu dilakukan dengan memperhatikan banyak faktor. Hal tersebut tentunya untuk mencegah tidak lakunya barang produksi di pasaran.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menetapkan harga jual di pasaran sebagai bagian dari manajemen harga diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Strategi pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan

Faktor pertama yang mempengaruhi manajemen harga adalah soal strategi pemasaran. Semakin baik strategi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, akan memungkinkan pihak perusahaan untuk menyajikan tawaran harga yang lebih ramah kepada konsumen.

Sebab laba akan tertutupi dari kemampuan dan strategi pemasaran kreatif yang dijalankan oleh pihak perusahaan. Kreativitas merupakan modal Anda untuk mampu bersaing lebih baik di tengah pasar. Namun apabila pemasaran yang dilakukan tidak maksimal dan tidak menggunakan cara-cara baru, langkah yang dilakukan adalah dengan upaya peningkatan harga jual. Hal ini tentunya akan sedikit berdampak kepada minat konsumen terhadap produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Download NOW >> Materi pelatihan yang sangat bagus mengenai manajemen pemasaran dan marketing plan.

2. Kualitas dan inovasi produk

Di dalam manajemen harga, faktor kualitas dan inovasi produk perusahaan menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kebijakan Anda dalam menetapkan harga jual. Apabila Anda yakin bahwa kualitas produk Anda berada di atas rata-rata dengan tawaran inovasi yang cukup baik, maka Anda bisa menetapkan harga jual yang lebih tinggi dari harga pasar. Hal tersebut tentunya juga bertujuan untuk menutupi biaya produksi yang dikeluarkan untuk menghasilkan sebuah produk berkualitas.

3. Harga pesaing

Faktor yang mempengaruhi manajemen harga jual yang selanjutnya adalah harga dari produk saingan. Semakin tinggi tingkat persaingan harga, maka akan semakin sulit bagi Anda menetapkan harga yang menguntungkan bagi perusahaan. Akibatnya Anda dituntut lebih kreatif untuk mencari market-market baru dengan tingkat pesaing yang masih rendah. Harga pesaing jika tidak Anda perhatikan maka akan berdampak pada tidak lakunya produk Anda di pasaran.

4. Ketersediaan serta jumlah harga dari produk pengganti

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam manajemen harga penjualan adalah ketersediaan serta jumlah harga dari produk pengganti yang ada. Semakin banyak tingkat ketersediaan jumlah barang pengganti serta harganya yang juga terjangkau oleh konsumen, artinya Anda harus semakin bisa menekan harga jual agar mampu bersaing dengan produk-produk di pasaran.

Demikianlah beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan di dalam menetapkan dan merancang manajemen harga jual produk perusahaan. Faktor-faktor di atas adalah hal yang tak boleh dilupakan di dalam menetapkan sebuah harga jual di pasaran.

Dampak dari ketakpedulian Anda terhadap hal-hal di atas adalah matinya angka penjualan produk Anda di pasaran. Namun yang paling penting Anda lakukan untuk mensiasati persaingan harga adalah soal inovasi, kreativitas dan kualitas. Hal tersebut lah yang akan mampu membuat produk atau layanan Anda bertahan di pasaran.

Download NOW >> Materi pelatihan yang sangat bagus mengenai manajemen pemasaran dan marketing plan.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!