Teknik Menyajikan Materi Presentasi secara Memukau Aspek Kunci dalam Strategi Pengembangan SDM

Mengembangkan Salesman Skills yang Efektif - Sales Skills

Salesman skills merupakan salah satu modal penting yang harus dimiliki oleh seorang yang bekerja atau bertugas sebagai mareketer. Orang yang melakukan pemasaran memang membutuh skill yang baik, hal ini tentunya agar mereka tidak cepat putus asa, lemah mental dan sebagainya saat mendapatkan berbagai respon dari konsumen.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Salesman skills bukan bakat, tapi bisa Anda asah asalkan Anda punya kemauan. Saat ini memiliki salesman skills menjadi sebuah kebutuhan yang cukup penting bagi semua orang, terutama para pengelola bisnis. Salesman skills bukan hanya penting dimiliki oleh mereka para karyawan yang bekerja di bidang pemasaran, namun sebagai seorang pimpinan perusahaan pun penting sekali memiliki salesman skills.

Salesman skills saat ini bahkan tak hanya digunakan orang untuk berdagang sebuah produk usaha atau layanan jasa, para politisi dalam memasarkan partai politiknya juga turut mengasah salesman skills yang mereka miliki. Mengingat produk partai ternyata hampir mirip dengan produk sebuah bisnis usaha yang harus ditawarkan dan dipasarkan langsung kepada konsumen, tidak hanya menunggu simpati dari sebagian masyarakat, namun pengelola partai harus pro aktif memasarkan apa yang menjadi keistimewaan atas partainya.

Sebagian orang memang yang bekerja sebagai marketer memiliki salesman skills yang cukup baik. Biasanya skill tersebut juga memerlukan pelatihan terlebih dahulu, pihak perusahaan biasanya memberikan trik-trik khusus bagi para pemula yang ingin menjadi seorang marketer.
Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam mengasah salesman skills tersebut? berikut ini beberapa diantaranya yang bisa Anda lakukan:

1. Mengetahui semua keunggulan produk atau layanan
Salesman skills yang ada di dalam diri Anda akan semakin mantap jika Anda memang betul-betul mengetahui kualitas dari produk atau layanan yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Karena hal tersebut yang akan menjadi titik fokus sesuatu yang akan Anda pasarkan. Mengetahui dengan detail keunggulan sebuah produk merupakan langkah awal Anda tampil percaya diri dalam mempromosikan sebuah produk. Pengetahuan ini juga akan membantu Anda secara mudah melayani pertanyaan para konsumen.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

2. Jangan malu dan harus selalu sabar
Di dalam mengasah salesman skills, Anda tidak boleh malu atau cepat putus asa apabila konsumen memberikan respon negatif terhadap produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Sebab ini memang pekerjaan utama seorang salesmen. Bukan salesmen namanya kalau memiliki rasa malu saat menjajakan produk atau layanan jasa kepada konsumen.

3. Kemampuan meyakinkan pelanggan
Kemampuan meyakinkan pelanggan dalam salesman skills merupakan pekerjaan utama yang harus dihasilkan dari sebuah proses marketing. Kemampuan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah gaya berbicara, sentuhan emosi, etika, konten yang disampaikan dan sebagainya. Hal-hal tersebut penting dikuasai di dalam mengasah salesman skills. Anda harus mampu secara cepat mengetahui psikologi seseorang saat pertama kali bertemu, lalu memberikan sentuhan gaya promosi yang sesuai dengannya.

Dalam hal ini penguasaan psikologi tentunya cukup berperan. Misalkan Anda menemukan seseorang dengan gaya bicara yang penuh dengan penghayatan disertai gaya-gaya bahasa tubuh, mungkin boleh orang tersebut memiliki kepribadian kinestetika.

Maka Anda pun bisa masuk dengan gaya menyampaikan apa yang akan dirasakan dengan memakai produk atau jasa tersebut. Misalnya sebuah mobil, maka Anda bisa menjelaskan bagaimana kenyaman mobil tersebut saat digunakan.

Demikian hal-hal yang penting ada dalam salesman skills, untuk bisa menjadi seorang salesmen yang baik, ketiga hal di atas layak Anda coba.

Note : Good article about marketing strategy and marketing management can be found at www.studymarketing.org

Leave a Reply