Judul KPI : Employee Turn Over

Nama KPI : Employee Turn Over

Definisi KPI :
Mengukur jumlah karyawan yang keluar dalam periode tertentu.

Satuan pengukuran KPI : % (persentase)
Frekuensi Pengukuran : Tahunan
Tipe KPI : Minimize – makin rendah angkanya, makin bagus

Formula Perhitungan :
Jumlah karyawan yang keluar dalam periode Januari s/d Desember 2011; kemudian dibandingkan jumlah karyawan pada bulan Januari. Jadi misalnya, jumlah karyawan yang keluar sepanjang periode Januari – Desember 2011 ada 20 orang. Sementara jumlah karyawan pada bulan Januari 2011 adalah 800 karyawan. Jadi angka persentase turn overnya adalah : 20/800 = 0,025 atau kalau di-persentasekan menjadi 2,5 %.

Jika angka turn over Anda sudah diatas 10 % maka itu tergolong sangat tinggi. Pada sisi lain, ada beberapa industri tertentu yang angka turn over-nya cenderung lebih tinggi, dibanding industri lainnya. Misalnya industri retail, angka turn over pegawainya cenderung relatif lebih tinggi dibanding industri lainnya.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Mengapa KPI ini Relevan dan Layak Dipakai?
Angka turn over sebaiknya dikendalikan supaya tidak terlalu tinggi. Mengapa? Sebab jika setiap tahun banyak pegawai yang keluar, maka akan ada biaya yang tinggi untuk melakukan rekrutmen. Selain itu perlu juga ada biaya untuk training, proses adaptasi, dan pengembangan kompetensi para pegawai baru.

Jika Anda ingin mendapatkan katalog KPI lengkap untuk bidang HR, marketing, finance, produksi, dan IT, silakan KLIK DISINI.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!