Nama KPI : Jumlah Gross Profit per Employee

Nama KPI : Jumlah gross profit per employee.

Definisi KPI :
Mengukur rata-rata profit yang dihasilkan oleh setiap karyawan

Satuan pengukuran KPI : Rupiah
Frekuensi Pengukuran : bulanan (jika perhitungan laba bisa dilakukan bulanan)
Tipe KPI : Maximize – makin tinggi angka maka makin bagus

Formula penghitungan KPI :
Jumlah net profit perusahaan dalam satu tahun dibagi jumlah karyawan. Jumlah karyawan bisa mengambil angka rata-rata jumlah karyawan, atau jumlah karyawan pada akhir tahun. Karyawan disini hanya merujuk pada karyawan tetap.

Sebagai misal : net profit dalam satu tahun adalah Rp 20 milyar, sementara jumlah karyawan ada 100 orang, maka angka revenue per employee = Rp 20 m/100 = Rp 200 juta. Makin tinggi angka-nya berarti makin bagus level produktivitas karyawan di perusahaan tersebut.

Mengapa KPI ini Relevan dan Layak Dipakai?
KPI diatas lazim digunakan untuk mengukur produktivitas karyawan. Untuk melihat level produktivitas karyawan Anda, maka sebaiknya dilihat angka profit per employee perusahaan lain pada industri yang sejenis, dan kemudian lakukan perbandingan.

Jika Anda ingin mendapatkan katalog KPI lengkap untuk bidang HR, marketing, finance, produksi, dan IT, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!