Teknik Melakukan Coaching and Counselling

Tiga elemen dalam bekerja, yang terdiri dari workflow atau alur proses yang mesti dikerjakan secara rutin sehari-hari; workforce atau karyawan/pegawai yang menjalankan tugas sesuai dengan alur proses dan standar prosedur yang telah ditetapkan; serta workplace atau tempat kerja. Tiga elemen ini mesti dikelola dengan baik demi keberhasilan kinerja.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Model orientasi pengelolaan karyawan yang dimulai dari fase rekrutmen, kemudian dilanjutkan dengan orientasi pra jabatan, serta dilanjutkan dengan penyusunan rencana pengembangan. Proses pengembangan bisa dilakukan melalui training and development atau juga melalui proses coaching dan counseling. Fase berikutnya adalah evaluasi kinerja karyawan, dimana hasil evaluasi ini akan menentukan apakah si karyawan perlu dikembangkan atau dipromosikan lebih lanjut, atau justru diberhentikan jika memang kinerjanya tidak kunjung memuaskan.v

Gradasi pengelolaan karyawan yang dimulai dari pemberian umpan balik secara reguler mengenai hasil kinerja yang telah ditampilkan oleh karyawan. Jika umpan balik belum cukup, dan si karyawan membutuhkan bimbingan lebih intensif, maka dilanjutkan dengan fase coaching and counseling. Fase ini ditujukan pada karyawan yang memiliki problem kinerja dan perlu ditangani secara lebih serius. Jika proses ini tidak berhasil, maka dilanjutkan dengan fase berikutnya yakni dengan melakukan tindakan pendisplinan atau pemberian sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Definisi coaching dan counseling. Coaching sendiri berarti Proses mengarahkan dari seorang manager untuk melatih dan mengorientasikan seorang karyawan untuk menghadapi realitas lingkungan pekerjaan dan membantu karyawan menghilangkan kendala-kendala untuk mencapai kinerja yang optimal.

Sementara counseling berarti Suatu proses yang mendukung dari seorang manager untuk membantu seorang karyawan mendefinisikan dan mengatasi masalah pribadi atau perubahan organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja.

Pengertian coaching and counseling. Kalau coaching lebih ditujukan pada karyawan yang memiliki tantangan dalam aspek pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan tugas serta tanggungjawabnya sebagai pegawai. Sementara counseling lebih berkaitan dengan masalah pribadi karyawan.

Anda diminta untuk memilih mana yang merupakan coaching dan mana yang membutuhkan counseling. Kasus dan kunci jawabannya adalah sebagai berikut:

1. Anda baru saja mempekerjakan Albert yang menyelesaikan sarjana ekonomi. Dia mempunyai banyak energi dan antusias untuk melakukan pekerjaan barunya dan sebagai pemimpin proyek. Anda menginginkan dia memulai pekerjaannya dengan benar. Membutuhkan : COACHING.

2. Siska sudah bekerja di unit Anda selama setahun. Dia baru saja dipromosikan menjadi Manajer Keuangan. Dia sudah menunjukkan kreativitasnya dalam keuangan dan mendorong banyak hal. Dia telah menunjukkan standar kinerja yang sangat tinggi dan mendorong dirinya sendiri dan juga yang lainnya. Namun tingkah lakunya nampaknya mengakibatkan masalah moral dalam unitnya. Dia telah meminta unitnya untuk kerja lembur dan selama akhir minggu karena dia berupaya untuk mengamati seluruh detail pekerjaan. Siska menginginkan segala sesuatu sempurna. Anda sudah menerima beberapa keluhan dari bawahannya. Counseling.

3. Anita adalah resepsionis di bagian produksi. Dia adalah orang yang bekerja dengan bersungguh-sungguh dan telat menunjukkan rekor kerja yang baik. Dia memberikan banyak inisiatif dan antusisas terhadap pekerjaannya. Dia baru saja mendatangi kantor Anda untuk mendiskusikan masalah pribadi yang dapat menganggu pekerjaannya karena dia baru saja mengetahui bahwa ibunya sedang dalam kondisi sekarat karena penyakit kanker yang dideritanya. Dia sangat dekat dengan ibunya dan merasa sangat sedih karena kondisi ini. Counseling.

4. Susan adalah Supervisor HR di bidang rekrutmen dan sudah bekerja untuk Anda selama tiga tahun. Dia sudah menjadi bintang di perusahaan karena produktivitas unit kerjanya yang meningkat lebih dari 70 persen tahun lalu. Karena talentanya yang hebat dalam mengelola orang, Anda menawarkan dia dipromosikan menjadi Manajer HRD. Dia baru saja mendatangi kantor Anda untuk membicarakan tentang ketakutan pribadinya. Ia secara pribadi mempunyai rasa tidak aman mengenai posisi barunya. Dan hal ini membuat ia merasa tidak percaya diri serta takut bahwa ia gagal dalam posisinya yang baru. Counseling.

5. Johan salah seorang staff Pengawasan Bank sudah bekerja di grup Anda selama enam bulan. Kinerjanya berada di bawah standar dalam beberapa hal. Dia selalu datang terlambat ke tempat kerja sekurangnya dua kali setiap minggunya, sering mengganggu pertemuan departemen dan membiarkan banyak kesalahan yang harusnya dapat ia tangani. Membutuhkan Counseling.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Bagaimana Saya Menghasilkan 40 Juta Per Bulan dari Internet. My Real Story. Pelajari ilmunya DISINI.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!