Enam Tahapan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan

Enam tahap dalam proses pemberian coaching and counseling, yakni :
Langkah 1 : Mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah kinerja
Langkah 2: Menjelaskan dampak masalah
Langkah 3: Menganalisa penyebab masalah
Langkah 4: Mendefenisikan standar kinerja yang diharapkan
Langkah 5: Menggali gagasan untuk menetapkan solusi
Langkah 6: Menyusun rencana perbaikan dan tindak lanjut.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Tahap untuk mengidentifikasi masalah kinerja, yang secara umum dapat dibagi menjadi tiga, yakni : kehadiran, masalah kinerja atau hasil pekerjaan, dan masalah sikap atau perilaku kerja.

Tahapan kedua, yakni menjelaskan dampak masalah. Dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah :
• Menyampaikan kepada karyawan dampak atau pengaruh dari kinerjanya yang bermasalah
• Jelaskan bahwa dampak ini bisa beragam, yakni dampak terhadap:
• Karyawan yang bersangkutan
• Semangat kerja rekan-rekannya
• Kinerja pelayanan atau produktivitas unit dimana ia bekerja

Semua dampak ini tentu saja akan menyebabkan kinerja keseluruhan unit bisa turun dan memberikan teladan yang buruk bagi rekan kerja dari unit lainnya.

Tahapan ketiga, yakni menganalisa penyebab masalah mengapa seorang karyawan memiliki kinerja yang tidak memuaskan. Dalam hal ini penyebabnya bisa dibagi menjadi dua, yakni :
1. Keterampilan dan Pengetahuan yang belum memadai
2. Sikap kerja, motivasi atau perilaku yang negatif

Aspek yang pertama berkaitan dengan kurangnya ketrampilan dan pengetahun yang dimiliki oleh karyawan sehingga ia mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya. Sebagai misal, teknisi transmisi mesti tahu banyak mengenai ilmu proteksi dan jaringan, sebab jika tidak ia pasti akan mengalami kesusahan dalam kinerjanya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Aspek yang kedua lebih berkaitan dengan sikap kerja atau motivasi karyawan. Jika seseorang sudah memiliki pengetahuan dan ketrampilan, namun sikap kerjanya tidak positif, maka ia juga pasti akan memunculkan masalah bagi unitnya.

Bintang adalah karyawan yang memiliki pengatahuan/ketrampilan yang bagus yang didukung dengan motivasi yang tinggi. Sebaliknya bad apple (”apel busuk”) adalah karyawan yang rendah kompetensinya, dan sekaligus juga rendah motivasi kerjanya.

Tahapan berikutnya yakni menentukan standar kinerja yang diharapkan. Dalam hal ini kita mesti menentukan dan mengkomunikasikan standard kinerja yang diharapkan, agar karyawan tahu apa yang kita harapkan dari kinerja mereka. Dan selanjutnya mendorong mereka untuk mencapai harapan ini. Penentuan Standard kinerja mesti bersifat spesifik dan jika memungkinkan, dapat diukur. Misal : Memulai kerja tepat waktu; laporan sudah harus selesai tanggal 10 Januari; jumlah koreksi rekening dibawah 10 pelanggan; dll.

Tahapan kelima, yakni bersama dengan karyawan menggali solusi untuk penyelasaian masalah. Dalam hal ini kita mesti melibatkan karyawan yang bermasalah untuk bersama-sama menggali gagasan untuk solusi perbaikan; agar ia juga merasa ikut memiliki solusi yang dirancang. Dengan demikian, ia akan lebih termotivasi untuk menjalankan solusi ini. Solusi yang disusun sebaiknya relevan dengan sumber penyebab. Artinya benar-benar sesuai dengan permasalahan yang tengah dihadapi.

Tahapan yang terakhir, yakni menyusun rencana pengembangan. Rencana ini harus mencakup Bidang yang perlu diperbaiki
• Tindakan langkah demi langkah untuk memperbaiki bidang tersebut
• Waktu pelaksanaan
• Hasil yang diharapkan

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Catatan personal tentang dunia konsultan manajemen bisa dibaca disini.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!