Work Life Balance – Keseimbangan Dunia Kerja dan Keluarga Pelayanan Pelanggan, CRM dan PeopleSoft

Prinsip dan Strategi dalam Mengelola Pelayanan Pelanggan

Apakah pelayanan pelanggan itu? Apakah anda pernah benar-benar berhenti memikirkan tentang pertanyaan tersebut? Kita telah ribuan kali memberikan pelatihan kepada orang-orang dan ratusan kali kepada organisasi-organisasi tentang pelayanan kepada pelanggan ini.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Bukan masalah siapa orangnya atau organisasi apa, jawaban dari pertanyaan ini adalah sesuatu yang umum. Mereka akan berkata : “ Pelayanan kepada pelanggan adalah tentang memberikan sesuatu kepada pelanggan tentang apa yang mereka inginkan” atau mungkin ini tentang memuaskan pelanggan, terkadang mereka berkata bahwa ini adalah mengenau cara membuat pelanggan senang.

Pandangan sekilas tentang jawaban ini mungkin terdengar benar, tetapi tidak ada yang benar-benar betul. Katakanlah jika anda menjalankan sebuah restauran. Jika pelanggan anda masuk ke restauran dan meminta beberapa peralatan kantor,apakah anda akan mampu memberikan apa yang pelanggan tersebut inginkan?

Apakah anda mampu memuaskan pelanggan anda yang sedang mencari perhiasan jika anda sedang bekerja di toko piranti keras? Tidak, itu akan mustahil. Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah mengatakan dengan sopan bahwa mereka dapat pergi ke toko perhiasan dan membelinya di sana. Jadi, pelayanan kepada pelanggan bukanlah tentang memberikan hal-hal yang diinginkan pelanggan, atau bahkan memuaskan pelanggan itu.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Hal itu juga merupakan cara kita melakukan pelayanan pelanggan. Ketika kita menanyakan pertanyaan : apakah yang terbaik untuk pelayanan kepada pelanggan, hampir semua orang akan menjawab:senyuman. Meskipun ini baik untuk beberapa hal, tetapi ini tidaklah sesuai untuk semua kasus.

Bayangkan saja jika ada seorang ibu yang kebingungan yang mendatangi anda dan berkata bahwa dia baru saja kehilangan anaknya yang berusia 2 tahun di toko anda. Bayangkan bagaimana tanggapan dia jika anda tersenyum kepadanya? Atau bayangkan jika ada orang yang terpeleset saat menaiki tangga atau eskalator di toko anda dan mereka menjelaskan cedera yang mereka alami dan kemudian anda tersenyum kepada mereka.

Yang benar adalah pelayanan kepada pelanggan bukanlah sesuatu yang dilakukan atau dipraktekkan, tetapi tentang hal-hal yang prinsip. Hal-hal yang dilakukan dapat saja berubah, tetapi prinsipnya tetaplah sama. Staf tidak akan tersenyum sepanjang waktu, untuk memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan, atau memuaskan apa yang mereka inginkan. Untuk staf ini berarti mempromosikan organisasi dan nilai yang ada di dalamnya.

Jika anda ingin meningkatkan dampak pelayanan kepada pelanggan, ajarilah pegawai anda untuk mewakili organisasi anda dan menampilkan hal-hal khusus dari perusahaan.

Ketika kita memberikan pelajaran tentang pelayanan kepada pelanggan, terlebih dahulu diperkenalkan tentang nilai-nilai yang ada diperusahaan, tentang apa saja yang ada di sana, apa yang ingin pelanggan ingin lihat. Setelah kita melakukan hal ini, kita kemudian melanjutkan dengan bagaimana cara memberikan nilai-nilai ini. Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk merubah cara pegawai melakukan hal-hal untuk memberikan pepelayanan kepada pelanggan, ini akan menghasilkan hasil yang bagus dan memberikan banyak kesenangan saat mengajarkan tentang hal ini.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu pegawai anda untuk dapat memberikan pepelayanan pelanggan yang efektif. Ambillah papan tulis dan gambarkan bentuk rumah sederhana. Mintalah pegawai anda untuk mengambil kapur tulis atau alat tulis dan mengubah rumah sederhana itu menjadi organisasi atau perusahaan anda. Mereka mungkin akan menambahkan beberapa gambar atau kata-kata ke gambar dasar itu.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Beberapa orang akan menambahkan kata-kata seperti : kualitas, profesionalisme, persahabatan, pelayanan, uang, kecepatan, kesederhanaan, dan yang lain mungkin akan menggambarkan pelanggan dan pegawai.

Sekarang tanyakan kepada pegawai anda beberapa pertanyaan sederhana: dalam gambar ini, apakah yang dilakukan petugas pelayanan pelanggan yang baik? Peserta akan dengan mudah melihat seperti apa sebenarnya pepelayanan kepada pelanggan dalam organisasi anda.

Mereka mungkin akan berkata, yaitu untuk menjadi orang yang bersahabat dalam perusahaan kita harus tetap tersenyum. Atau ada yang menjelaskan bahwa mereka harus profesional dan dengan profesionalitas itu kita dapat berjalan lurus dan menjalankan usaha dengan benar.

Daripada mengajarkan hal praktis kepada karyawan, lebih baik mengajarkan hal prinsip dan hal-hal praktis akan tumbuh dengan sendirinya.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

http://www.articlesbase.com/customer-service-articles/the-real-meaning-of-customer-service-647310.html

Leave a Reply

RP Bawah