Apa itu Talent Management - Pengertian Talent Management Menghargai dan Memotivasi Karyawan

Penilaian Risiko dan Manajemen Risiko

Pemberi kerja berkewajiban untuk menghilangkan segala jenis halangan untuk dapat bekerja dengan aman. Penilaian internal adalah jalan pertama untuk membuka resiko dalam lingkungan kerja. Penilaian risiko akan membuat mudah bagi organisasi untuk meminimalkan resiko yang ada, dan cara mudah untuk dapat memenuhi aspek keamanan lingkungan kerja dan juga menjaga lingkungan kerja yang lebih sehat.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Organisasi harus berfokus pada penciptaan lingkungan kerja yang aman dalam rangka menegakkan citra merek mereka. Ketika citra perusahaan ternoda, akan sulit untuk dapat merekrut orang-orang yang hebat dan konsumen tidak akan mau membeli produk atau jasa kita. Ketika karyawan menuntut bahwa kondisi kerjanya tidak aman atau telah terjadi cedera dalam pekerjaan, hasilnya bisa menjadi sangat mahal sekali karena telah melibatkan biaya hukum dan sosial.

Apakah Penilaian Resiko itu?

Grup healthyworkinglives.com memberikan definisi yang lengkap tentang istilah penilaian resiko ini:
“Penilaian resiko adalah metode sistematis dalam melihat aktivitas kerja, memikirkan apa yang dapat menjadi buruk, dan memutuskan kendali yang cocok untuk mencegah terjadinya kerugian, kerusakan, atau cedera di tempat kerja. Penilaian ini harus juga melibatkan pengendalian yang diperlukan untuk menghilangkan, mengurangi,atau meminimalkan resiko.”

Mengapa Penilaian Resiko itu Penting?

Merupakan suatu kewajiban untuk mengamankan semua pegawai saat bekerja. Keamanan lingkungan kerja merupakan perhatian utama untuk para pegawai, karena dapat merupakan sumber keluhan internal. Meskipun hanya ada sebuah keluhan kecil dari pegawai, tetapi hal ini juga harus diinvestigasi. Jika ada yang tidak peduli kepada resiko di tempat kerja, maka anda meletakkan diri anda, pegawai anda, pelanggan dan seluruh organisasi dalam bahaya.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Jika ini untuk keamanan pegawai, maka kita merekomendasikan segal hal untuk dapat memenuhi kondisi di atas standar minimal yang diperlukan untuk menghilangkan segala jenis resiko yang ada dan mengurangi jumlah pelaporan kasus keamanan.

Pengujian tempat kerja dan fungsinya harus dilakukan setidaknya sekali dalam satu tahun untuk dapat memberikan data terbaru jika ada resiko-resiko baru yang muncul atau untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk membantu para para pegawai dalam pekerjaannya. Dalam setiap kesempatan yang memungkinkan, sangat perlu proaktif daripada reaktif jika mengenai permasalahan keamanan.

Penilaian yang proaktif dapat diterapkan dalam sistem investigasi, seperti i-Sight, ke dalam tempat kerja anda untuk melakukan investigasi yang lebih baik dan mengelola setiap jenis kejadian dengan lebih baik. Sistem ini tidak akan membiarkan permasalahan keamanan lolos melalui kelemahan yang ada, system ini juga akan membantu anda menciptakan lingkungan kerja yang aman dengan melakukan pengawasan terhadap keluhan dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk menghilangkan permasalahan.

Manfaat Penilaian Resiko:

Berjuta-juta dolar telah dikeluarkan untuk kasus keamanan setiap tahunnya. Banyak dari kasus-kasus ini juga mendapatkan banyak perhatian dari media, yang dapat meletakkan nama anda di tempat yang sangat tidak diinginkan sepanjang waktu. Ketika anda melakukan penilaian resiko, evaluasilah penemuan-penemuan yang ada dan lakukan koreksi terhadap resiko yang ditemukan sepanjang penilaian ini, maka anda akan dapat memperoleh keuntungan berikut ini untuk perusahaan anda:

• Produktivitas yang Optimal - Bila Anda menghilangkan hambatan yang dihadapi para karyawan ketika mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dan memberi mereka alat-alat kerja yang tepat untuk menyelesaikan tugasnya, produktivitas dan kualitas pekerjaannya akan lebih tinggi. Ketika karyawan harus berurusan dengan alat atau sistem yang rusak, waktu akan terbuang sia-sia karena mereka akan berusaha untuk memperbaiki keadaan, sehingga banyak waktu dan uang yang terbuang.

Investasi dengan melakukan upgrade fasilitas, menciptakan sebuah ruang kerja yang ergonomis dan melatih karyawan tentang bagaimana melakukan pekerjaan mereka dengan aman dalam rangka menyiapkan tingkat produktivitas yang optimal.

• Pegawai akan lebih Bahagia- Menyediakan tempat kerja yang aman, sehat dan bebas stres akan menumbuhkan sikap positif karyawan, jarang sakit atau stres, dan memiliki komitmen yang kuat terhadap tujuan perusahaan. Keselamatan di tempat kerja merupakan masalah besar bagi karyawan. Ketika karyawan merasa aman di tempat kerja, mereka lebih cenderung ingin tetap bekerja untuk Anda, sehingga dapat mengurangi pergantian karyawan.

• Pegawai berkualitas yang lebih baik- Ketika orang membuat keputusan mengenai tempat untuk bekerja, bisnis yang telah dikenal memiliki komitmen untuk keselamatan mereka di tempat kerja, maka akan cenderung menjadi pilihan yang menarik bagi karyawan. Lebih baik ada banyak orang yang ingin bekerja kepada Anda sebagai daripada tidak ada yang mau.

• Menghemat uang- semakin sedikit cedera yang terjadi, akan lebih sedikit biaya yang muncul. Karyawan yang bahagia akan menurunkan tingkat pergantian karyawan dan biaya pelatihan. Semakin sedikit kecelakaan akan menyebabkan rendahnya tuntutan hukum, denda atau hukuman serikat pekerja.

Anda pasti sudah mendapatkan gambaran tentang ini. Biaya untuk melakukan penilaian risiko dan investasi dalam membuat perubahan pada tempat kerja adalah sedikit jika dibandingkan dengan biaya jika telah terjadi situasi yang disebutkan tadi.

• Citra yang positif- Dengan menjauhkan diri dari publikasi negatif akan menempatkan anda diposisi yang baik di mata publik. Ketika anda terlihat memiliki komitmen terhadap keamanan, maka bisnis yang lain akan berusaha untuk menjalin kerjasama dengan brand anda.

http://www.articlesbase.com/human-resources-articles/the-importance-of-workplace-risk-assessments-2474970.html#ixzz0pCmntFew

Leave a Reply