Menjadi Manajer Penjualan – Sales Manager yang Efektif

Manajemen penjualan adalah hal terbaik dalam penjualan, tetapi berapa banyak para manajer penjualan yang benar-benar melakukan pengelolaan? Peran yang terlalu besar dari seorang manajer penjualan tidaklah lebih dari seorang penjual senior dengan gelar yang lebih tinggi, dibandingkan menjadi seorang manajer kinerja penjualan.

Kebanyakan manajer penjualan mulai dari menjadi pegawai penjualan dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Kebanyakan para manajer penjualan juga memiliki kinerja yang sangat bagus dan juga tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Tetapi, ada sesuatu yang salah jika berpikir bahwa seorang penjual yang memiliki kinerja yang bagus akan secara otomatis menjadi manajer penjualan. Kedua pekerjaan tersebut benar-benar berbeda.

Peran manajer penjualan
Manajemen penjualan bertanggung jawab menciptakan kinerja yang bagus dalam tim penjualan. Manajemen penjualan adalah tentang menciptakan lingkungan yang mendukung supaya tenaga penjualan dapat berkembang dan memberikan yang terbaik.

Sayangnya, manajer penjualan menghabiskan banyak waktu terhadap pelanggan mereka sendiri dan tidak memberikan cukup waktu untuk mengelola kinerja yang lainnya.

Bagaimana Manajer Penjualan Menghabiskan Waktu Mereka
Jika anda bertanya kepada seorang manajer penjualan bagaimana mereka menghabiskan waktunya, mereka biasanya akan menjawab: Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk melakukan penjualan dan sisa waktunya untuk melakukan meeting internal dan melakukan administrasi.

Saat anda bertanya seberapa besar waktu yang mereka habiskan untuk mengawasi tenaga penjualan mereka, memberikan pelatihan kepada mereka dan membahas strategi untuk para pelanggan mereka yang penting, maka mer