Memanfaatkan Teknologi untuk Efektivitas Pekerjaan Transformasi HR menjadi Strategic Partner Perusahaan

Menjadi Manajer Penjualan – Sales Manager yang Efektif

Manajemen penjualan adalah hal terbaik dalam penjualan, tetapi berapa banyak para manajer penjualan yang benar-benar melakukan pengelolaan? Peran yang terlalu besar dari seorang manajer penjualan tidaklah lebih dari seorang penjual senior dengan gelar yang lebih tinggi, dibandingkan menjadi seorang manajer kinerja penjualan.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Kebanyakan manajer penjualan mulai dari menjadi pegawai penjualan dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Kebanyakan para manajer penjualan juga memiliki kinerja yang sangat bagus dan juga tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Tetapi, ada sesuatu yang salah jika berpikir bahwa seorang penjual yang memiliki kinerja yang bagus akan secara otomatis menjadi manajer penjualan. Kedua pekerjaan tersebut benar-benar berbeda.

Peran manajer penjualan
Manajemen penjualan bertanggung jawab menciptakan kinerja yang bagus dalam tim penjualan. Manajemen penjualan adalah tentang menciptakan lingkungan yang mendukung supaya tenaga penjualan dapat berkembang dan memberikan yang terbaik.

Sayangnya, manajer penjualan menghabiskan banyak waktu terhadap pelanggan mereka sendiri dan tidak memberikan cukup waktu untuk mengelola kinerja yang lainnya.

Bagaimana Manajer Penjualan Menghabiskan Waktu Mereka
Jika anda bertanya kepada seorang manajer penjualan bagaimana mereka menghabiskan waktunya, mereka biasanya akan menjawab: Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk melakukan penjualan dan sisa waktunya untuk melakukan meeting internal dan melakukan administrasi.

Saat anda bertanya seberapa besar waktu yang mereka habiskan untuk mengawasi tenaga penjualan mereka, memberikan pelatihan kepada mereka dan membahas strategi untuk para pelanggan mereka yang penting, maka mereka akan diam. Suatu kenyataan yang tidak menguntungkan adalah mereka sangat sedikit sekali menghabiskan waktu untuk meningkatkan kinerja penjualan tim mereka.

Mengenali “Proses” sebagus “Hasil”
Seorang manajer penjualan biasanya sangat pandai memantau hasil penjualan. Mereka mengetahui siapa yang mencapai target dan siapa yang tidak mencapai target. Di bidang apa mereka kurang bagus adalah penyebab mengapa seorang pegawai penjualan memiliki kinerja yang lebih bagus daripada yang lainnya.

Seorang manajer penjualan sangat bagus dalam memantau hasil Akhir, yaitu hasilnya, tetapi mereka kurang bagus dalam mengelola Proses, yaitu bagaimana hasil ini dihasilkan.

Mengidentifikasi rahasia tenaga penjualan terbaik
Cara terbaik untuk mengenali elemen-elemen kunci dari kinerja penjualan adalah dengan menghabiskan banyak waktu bersama tenaga penjualan yang terbaik dan mengidentifikasikan apa yang mereka lakukan: Bagaimana cara mereka melibatkan pelanggan, bagaimana cara mereka membuat kredibilitas dan cara menumbuhkan rasa percaya diri mereka dan apa yang mereka tawarkan.

Kemudian habiskan waktu bersama tenaga penjualan tingkat rerata dan bandingkan perbedaannya. Analisa sederhana ini akan berguna untuk mengenali keahlian dan teknik-teknik yang dilakukan tenaga penjual yang terbaik dan yang membedakan mereka dengan tenaga penjualan dengan kinerja rata-rata.

Mengubah Kinerja Penjualan Rata-Rata menjadi Kinerja Terbaik
Tugas selanjutnya dari manajemen penjualan adalah untuk mentransfer keahlian dari para tenaga penjualan terbaik itu kepada semua orang dalam tim penjualan.

Mungkin hal ini tidak dapat dilakukan di dalam semua kasus, tetapi meskipun peningkatannya sangat sedikit, ini akan membawa kepada perubahan yang besar kepada kinerja penjualan untuk seluruh tim penjualan.

Langkah-langkah sederhana ini akan berguna untuk mengenali factor-faktor kunci dari kinerja penjualan dan dapat menciptakan rencana pengembangan dalam tim penjualan dan meruapakan cara yang cukup bagus untuk seorang manajer penjualan.

http://www.articlesbase.com/sales-articles/do-sales-managers-actually-manage-2474390.html

Leave a Reply

Dapatkan secara gratis ebook - PANDUAN menjadi ENTREPRENEUR SUKSES DISINI.