Teknik Produksi Toyota Bentuk Penghargaan kepada Karyawan

Perencanaan Tenaga Kerja – Manpower Planning

Pada saat kita berdiskusi mengenai Perencanaan Tenaga Kerja, maka yang pertama kali harus dipahami adalah bahwa proses ini dilakukan untuk mendukung operasi atau proses produksi yang berkaitan dengan tenaga kerja.

Yang paling mendasar dalam proses ini adalah tujuan yang harus dicapai oleh organisasi dalam satu tahun ke depan, seperti : meningkatkan produksi, efisiensi, meningkatkan keuntungan, atau meningkatkan pasar. Setelah itu Divisi SDM hanya perlu menyesuaikan dengan tenaga kerja yang dibutuhkan sehingga tujuan organisasi dapat dicapai.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Perencanaan Tenaga Kerja bukanlah proses yang dapat dilakukan hanya dalam Divisi Sumber Daya Manusia. Komunikasi yang sangat intensive, harus dilakukan dengan pihak lainnya, seperti Divisi Operasi/Produksi, Keuangan, dan divisi lain yang juga berkaitan secara langsung.
Proses Perencanaan Tenaga Kerja memerlukan informasi seperti :

• Data Master Karyawan : informasi pekerja, dengan seluruh kriteria (nomor, jenis kelamin, kelompok usia, tahun layanan, demografis/lokasi)
• Manajemen Organisasi/Posisi : informasi yang ada dalam struktur organisasional yang ada dengan informasi urutan dan tingkatan. Hal yang penting adalah orang yang bertanggung jawab pada posisi/pekerjaan tersebut.
• Manajemen Kompetensi/Keterampilan: informasi keterampilan atau bahkan kemampuan orang-orang bekerja pada posisinya atau di kantor.
• Anggaran: Kemampuan finansial organisasi yang telah direncanakan sebelumnya dengan kebutuhan tenaga kerja.
Dari informasi di atas maka kita dapat memperoleh gambaran lengkap mengenai kondisi organisasi kita saat ini. Setelah itu kita dapat menerjemahkan prestasi baru yang akan dilakukan untuk satu tahun berikutnya.

Satu proses yang biasanya dilakukan dalam proses ini adalan “Profile Matching”, dalam bentuk simulasi proses untuk melihat kebutuhan organisasi terhadap ketersediaan tenaga kerja.

Beberapa langkah yang pada akhirnya kita hasilkan setelah proses Perencanaan Tenaga Kerja adalah :
• Gambaran kebutuhan struktur dan tenaga kerja organisasional secara lengkap.
• Penempatan karyawan secara tepat dalam organisasi. Langkah ke depan yang dapat diproses adalah: Rekrutmen, Perencanaan Karir dan Suksesi, atau bahkan Pengembangan Manusia
• Merencanakan anggaran yang diperlukan.
Semua proses ini akan sangat mudah dan mungkin jika organisasi memiliki sistem Sumber Daya Manusia yang komprehensif dan terintegrasi.

http://www.articlesbase.com/human-resources-articles/manpower-planning-important-steps-to-be-done-2416267.html

Leave a Reply

Dapatkan secara gratis ebook - PANDUAN menjadi ENTREPRENEUR SUKSES DISINI.