Kiat Menulis Job Description dengan Baik

Karyawan memiliki peran yang sangat penting untuk membuat deskripsi pekerjaan. Beberapa saran di bawah ini dapat digunakan untuk memandu karyawan dalam melakukan proses analisis pekerjaan yang menjadi sumber utama dalam membuat deskripsi pekerjaan.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

• Karyawan perlu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan tugas-tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari. Menyimpan buku catatan atau diari untuk mencatat aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan anda.
• Karyawan perlu menjelaskan pandangan mereka sendiri mengenai konsep posisi yang mereka pegang.
• Karyawan perlu fokus pada fakta saja – tidak melebih-lebihkan atau mengurangi kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan untuk bekerja, serta karakteristik lainnya.
• Jangan pernah mencampuradukkan dengan hal lainnya. Analis hanya ingin mengetahui tugas karyawan, sehingga untuk berbicara mengenai kinerja, gaji, keluhan, hubungan dengan karyawan lain, tidak relevan dengan hal ini.
• Catat juga bahwa masukan karyawan adalah penting, tetapi keputusan manjemen yang menentukan batasan-batasan posisinya.
• Ingat juga bahwa tidak ada akibat yang buruk dari proses analisis pekerjaan. Sebagai contoh, tidak akan terjadi penurunan gaji atau eliminasi posisi tertentu. Analis mungkin akan mengusulkan perubahan dalam nama jabatan atau pengaturan lainnya, tapi hal ini tergantung pada keputusan manajemen.

Menulis Deskripsi Pekerjaan
Deskripsi pekerjaan harus ditulis dengan kalimat yang singkat dan jelas. Disarankan untuk menggunakan struktur kalimat sederhana yaitu : subyek/ kata kerja/ obyek/ informasi.
Hal-hal yang harus ada dalam deskripsi pekerjaan adalah:
1. Nama kantor
2. Posisi tingkatan
3. Atasan langsung
4. Laporan langsung
5. Ringkasan pekerjaan
6. Tugas-tugas dan tanggung jawab
7. Pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang diperlukan
8. Pengalaman yang diperlukan
9. Persyaratan khusus(jika ada). Contoh: mampu bekerja di luar jam kerja, pada hari libur dan akhir minggu yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu.

Indikator keberhasilan juga harus ditambahkan, laporan harus dibuat, dan Otoritas dalam posisi.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Sumber : http://www.articlesbase.com/human-resources-articles/employee-roles-to-make-job-description-2430585.html

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!