Cara Memberikan Umpan Balik dalam Performance Appraisal

Mungkin anda ingin tahu mengapa anda harus memberikan penilaian terhadap tim anda. Nah, jika hal ini dilakukan dengan benar, penilaian akan membantu karyawan, anda sendiri, dan organisasi secara keseluruhan. Keberhasilan anda mungkin hanya tergantung pada pemberian penilaian yang adil dan tidak memihak. Manajer Rooki membuat berton-ton kesalahan pada bagian ini, tetapi jika anda mengikuti saran saya, anda akan terhindar dari perangkap ini dan meningkatkan posisi anda dalam perusahaan.

Download Contoh Lengkap Sistem Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Pengaruh Resensi
Penilaian prestasi berdasarkan pada kinerja/prilaku sebagian besar bawahan anda dinamakan Pengaruh Resensi dan pada umumnya merupakan perangkap bagi semua manajer dengan berbagai tingkat pengalaman. Banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk melakukan hal yang heroik sebagai pendekatan pada saat peninjauan. Anda akan melihat mereka tiba-tiba bekerja lembur, atau berada di depan meja kerja mereka ketika anda tiba di kantor. Yang benar-benar cerdas akan membawakan anda donut atau melakukan hal lain untuk anda.

Jika anda tetap melakukan pencatatan sepanjang tahun, maka anda dapat membantu menggagalkan kecenderungan manajerial ini. Apakah anda mencatatnya pada notebook, atau pada kertas – namun anda tetap melakukannya ! Hal ini bisa dijadikan pertahanan anda jika terjadi suatu hal yang buruk.

Catatan-catatan ini akan memberikan suatu hal kepada anda untuk meninjau sebelum mengisi kertas penilaian anda, dan memberikan penilaian yang lebih jujur jika dibandingkan dengan penilaian prestasi di bulan terakhir saja. Catatan ini harus anda jaga kerahasiaannya. Bayangkan kekacauan yang akan terjadi jika penilaian seseorang ditemukan oleh karyawan lainnya. Selain itu juga akan ada konsekuensi hukum karena tidak menyimpan informasi ini dengan aman.

Mengevaluasi Hal-Hal Favorit
Memberikan penilaian yang terlalu baik terhadap favorit anda merupakan perangkap lain bagi manajer yang tidak hati-hati. Jangan melakukannya! Hal ini cukup normal bagi anda jika bergaul lebih baik dengan beberapa orang tertentu dan tidak begitu baik dengan beberapa orang lainnya. Tetapi emosi tidak boleh berperan dalam proses ini. Anda harus menilai semua orang dengan adil dan secara akurat.

Seperti halnya beberapa karyawan, pikirkan secara analitis mengenai peran mereka dalam perusahaan, fungsi apa yang mereka lakukan dengan memuaskan, dan pada area yang mana yang harus diperbaiki. Berikan umpan balik yang benar kepada mereka.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jangan Menganggap Remeh Hal Itu
Sangat jarang manajer yang menikmati konfrontasi yang berat dalam penilaian prestasi ini. Banyak manajer yang melakukannya dengan lebih mudah hanya dengan memberikan nilai yang tinggi pada setiap orang untuk menghindarai perdebatan lanjutan. Hal ini akan kembali menghantui anda jika ini anda jadikan strategi anda.

Suatu saat, salah seseorang yang kinerjanya anda berikan nilai baik akan mengacaukan dengan lebih buruk sampai anda ingin menyingkirkan mereka… Tapi, penilaian terakhir mereka menandakan bahwa mereka adalah seorang bintang! Sehingga mereka akan memiliki kasus yang cukup sah jika mereka diberhentikan, tetapi catatan mereka memperlihatkan betapa hebatnya mereka. Hallo bersiaplah terhadap tuntuntan hukum!

Prestasi yang buruk harus dibersihkan secepat mungkin. Hal ini akan membantu jalannya organisasi menjadi lebih efisien, dan anda akan menjadi lebih baik karena telah membangun tim yang lebih kuat. Dan tim yang kuat merupakan alasan terbaik dari semuanya dengan memberikan penilaian prestasi dengan baik.

Download Contoh Lengkap Sistem Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Sumber : Article Base

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!