Membangun Budaya Kerja Inovatif Strategi Inovasi dalam Bisnis

Keunggulan Kompetitif dan Strategis Bisnis Perusahaan

Kecerdasan perusahaan adalah apa yang disebut oleh atlet dan tentara sebagai “kesadaran situasional”. Mereka menempatkan diri mereka baik dalam posisi untuk mengamati apa yang terjadi dan memiliki sarana untuk bertindak berdasarkan kecerdasan mereka.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Kecerdasan perusahaan membangun hubungan formal di luar dinding mereka dengan para pelanggan, mitra, pemasok dan masyarakat umum. Hubungan ini adalah antena mereka di dunia, sensor perubahan, baik mengenai peluang atau ancaman. Secara internal, mereka membaca pikiran para karyawan mereka dengan cara-cara yang berbeda dari perusahaan lain dan menggunakan teknologi untuk melacak apa yang sedang terjadi dalam waktu dekat.

Pelanggan adalah penguji sebenarnya. Tidak ada perusahaan di masa ini yang mengatakan bahwa pelanggan tidak menjadi prioritas utama. Kenyataannya adalah bahwa kebanyakan perusahaan mengabaikan pelanggan mereka. Contoh terbaik dari ketidaktahuan itu adalah industri penerbangan AS.

Adanya tantangan persyaratan keamanan, bahan bakar yang naik, peralatan dan biaya tenaga kerja, sehingga sebagian besar maskapai penerbangan utama AS telah mengurangi kenyamanan dan fiturnya sambil meningkatkan tarif dan berbagai biaya pengadaan mulai dari tempat duduk sampai ke selimut dan pemeriksa tas. Tak perlu dikatakan lagi, penumpang tidak senang dengan biaya atau penurunan tingkat pelayanan. peringkat kepuasan pelanggan dengan perusahaan penerbangan Amerika Serikat terus menurun sejak tahun 2001.

Sementara hampir semua maskapai penerbangan sedang berjuang, orang-orang berusaha memperhatikan kepuasan pelanggan dan melakukan improvisasi dengan memberikan kompensasi pemotongan dan memanfaatkan rasa sakit dari rekan-rekan mereka dan berusaha menarik pelanggan yang kehilangan haknya. Southwest Airlines, perusahaan yang dikenal dengan fasilitas yang biasa, tetapi memberikan perhatian tentang layanan untuk pelanggan, melangkah meninggalkan industri yang lain dengan mencapai poin 79 untuk Indeks Kepuasan Pelanggan Amerika. Rata-rata industri adalah 62 poin pada tahun 2009.

Kecerdasan perusahaan merubah ketidakpuasan pelanggan menjadi keunggulan kompetitif. Dan perusahaan yang cerdas menggunakan metode yang baru dan inovatif dan alat-alat untuk mengukur minat dan kepuasan pelanggan.

FedEx, misalnya, meluncurkan sebuah tool berbasis web yang memungkinkan pelanggan - baik pengirim dan penerima - untuk melacak secara langsung jalannya pengiriman paket di dalam sistem. Netflix, perusahaan persewaan film berbasis web, dan Amazon, penjual buku online terbesar di dunia, yang menggunakan algoritma komplek untuk menentukan preferensi pelanggan, rekomendasi masyarakat dan interaksi pengguna dengan situs Web untuk memprediksi selera film dan membuat rekomendasi pembelian.

Peralatan Baru, Pikiran Baru
Masyarakat terus menjadi sumber inspirasi dan kecerdasan. Dalam produk tradisional dan model pemasaran, perusahaan akan memberikan fokus di pasar sasaran mereka untuk menentukan apakah mereka telah memiliki penampilan, fitur dan pesan yang tepat untuk menjual produk.

Dalam perekonomian yang berbasiskan Web saat ini, perusahaan memanfaatkan aplikasi Web 2.0 dan jaringan sosial seperti Linked In, Facebook dan MySpace-untuk mengumpulkan umpan balik konsumen dan masukan selama melakukan desain dan pemasaran, perusahaan bahkan menggunakan jaringan sosial dan komunitas umum untuk memecahkan beberapa masalah yang paling membingungkan selama desain produk dan pengembangan.

Ada juga yang menggunakan forum terbuka, seperti TechTarget’s Information Knowledge Exchange dan komunitas profesional seperti Linked In untuk untuk mengajukan pertanyaan kepada rekan-rekan untuk memecahkan masalah taktis yang mendesak dan operasional.

Sumber : Article Base

Leave a Reply

RP Bawah