Bagaimana Melatih Wawancara Kerja untuk Membantu Mencapai Impian Anda Kiat dan Rahasia Sukses Bisnis

Contoh Pertanyaan dalam Wawancara Kerja

Bukanlah rahasia lagi pasar pembeli di luar sana adalah untuk para pemberi kerja. Mereka mendapatkan banyak lamaran daripada yang mereka inginkan. Anda mungkin bersaing dengan lusinan pelamar untuk setiap pembukaan lowongan. Jika anda beruntung, maka anda akan lolos dan sampai ke wawancara, lebih baik anda menyiapkan diri untuk pertanyaan-pertanyaan yang sulit.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Semakin suatu tugas memerlukan tanggung jawab, maka akan semakin sulit pertanyaannya. Setiap pekerjaan yang melibatkan supervise atau pengaturan orang-orang, atau bagian-bagian dari organisasi, akan semakin kompetitif. Anda harus dapat berpikir di atas kaki anda sendiri selama wawancara. Ini mungkin adalah kesempatan yang singkat untuk menarik perhatian pemberi kerja.

Salah ketakutan terbesar dalam wawancara kerja adalah mendapatkan pertanyaan yang sulit dan tidak dapat memberikan jawaban kecuali pandangan wajah yang kosong. Ini adalah skenario terburuk, tetapi ini selalu muncul di banyak kepala orang-orang. Sayangnya, skenario ini akan menjadi kenyataan kecuali anda telah menyiapkan diri anda untuk pertanyaan yang menantang ini.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang cukup sulit dalam wawancara kerja:

Ceritakan kepada saya apa yang anda sukai tentang pekerjaan terakhir anda ? Dan apa yang tidak anda sukai?

Bagian pertama adalah pertanyaan yang mudah. Kebanyakan orang akan dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka sukai tentang pekerjaannya, meskipun mereka berpikir bahwa pekerjaannya adalah menyebalkan. Bagian kedua agak sulit. Anda tahu bahwa anda tidak boleh mengutarakan hal yang buruk tentang majikan anda yang dulu, tetapi anda tetap harus memikirkan sesuatu untuk dibicarakan.

Ambillah sesuatu di perusahaan anda terdahulu yang tidak anda sukai dan jelaskan bahwa ini mengganggu anda dan anda merasa bahwa perusahaan sebenarnya dapat melakukan hal yang lebih baik tentang hal ini. Berikan saran apa yang dapat anda tingkatkan. Jauhkan dari komentar negative terhadap sesame pekerja atau perusahaan anda.

Mengapa anda meninggalkan pekerjaan terakhir anda?
Jauhkan dari memberikan alasan tentang uang atau permasalahan negatif dengan sesame pekerja sebelumnya. Lebih baik anda jelaskan bahwa anda pergi karena alasan untuk mencari peluang untuk lebih berkembang, mencari hal baru, dll.

Berikan contoh bagaimana anda berperan dalam pekerjaan terakhir anda?
Jika anda belum pernah memikirkan tentang hal ini, maka ini adalah saatnya. Setiap pekerjaan seseorang di perusahaan memiliki dampak langsung atau tidak langsung terhadap orang-orang di sekiling mereka, organisasi, dan pihak-pihak yang melakukan kontak dengan perusahaan. Carilah contoh sesuatu yang anda lakukan dengan pekerjaan anda yang memiliki pengaruh yang positif terhadap sesame pekerja, perusahaan atau pelanggan perusahaan.

Jelaskan tantangan terbesar anda dan bagaimana anda menanganinya?
Anda harus meluangkan waktu untuk berpikir tentang hal ini. Tidaklah mungkin bahwa anda akan mendapatkan jawaban yang bagus dengan berpikir secara langsung. Berpikirlah terhadap seseorang, tempat, atau sesuatu yang membuat anda sulit dalam melakukan pekerjaan anda.

Bagaimana anda melakukan hal ini dan menjadi sang juara?
Jelaskan proses pengambilan keputusan anda.
Anda ingin terlihat kuat untuk hal ini. Jadi anda harus menggambarkannya bahwa anda bias mengambil keputusan dengan cepat dan percaya diri, atau anda ingin mempertimbangkan hal-hal yang pro dan kontra sebelum anda mengambil keputusan yang terbaiik untuk situasi ini.

Tidak ada benar atau salah dalam pertanyaan ini, pemberi kerja berusaha mencari tahu apakah anda mampu mengambil tindakan saat diperlukan. Beberapa orang memiliki kesulitan untuk mengendalikan pikiran mereka. Ini adalah orang yang tidak mereka cari untuk dipekerjakan.

Bagaimana anda menjelaskan kemampuan manajemen anda?

Di sinilah tempat anda memberitahukan kepada mereka jenis manajer seperti apakah anda. Apakah anda orang yang ringan tangan, atau anda orang yang suka memberikan kebebasan, atau anda bertindak sesuai aturan yang berlaku?
Apakah anda tipe orang yang biasa?
Apakah anda kaku, tetapi bijaksana?
Ketahuilah gaya anda dan jujurlah kepada sang pemberi kerja tentang hal ini.
Apakah kelemahan terbesar anda?

Peringatan : ini adalah pertanyaan yang akan membuat anda terhenti dalam wawancara yang dingin. Kita seringkali membicarakan tentang kekuatan kita dan kita terkadang tidak memiliki petunjuk saat seseorang menayakan kepada diri kita tentang kelemahan kita.

Namun, Anda tidak bisa tinggal diam. Jika Anda melakukannya, Anda akan kehilangan kesempatan Anda di posisi tersebut. Pengusaha tidak tertarik mendengar tentang kelemahan Anda karena mereka hanya ingin melihat bagaimana Anda menangani pertanyaan ini. Hal yang ironis adalah jika anda terdiam dengan tatapan kosong, maka anda akan terlihat sangat lemah, bahkan jika anda terlihat hebat sebelumnya.

Katakanlah bahwa anda terlalu ramah atau sering terlampau percaya diri atau terkadang tidak memperhatikan terhadap sesuatu yang kecil, dll. Pilihlah kelemahan yang ringan dan ubahlah menjadi positif. Anda berbicara banyak karena anda adalah orang yang ramah. Anda kurang memperhatikan detail karena anda peduli tentang kualitas pekerjaan anda. Tetaplah tersenyum di wajah saat anda menjawab.

Aset dan bakat apa yang menurut anda dapat anda berikan kepada perusahaan kami?
Di sinilah anda harus bersinar. Berikan kepada mereka langkah-langkah yang akan anda ambil untuk menjadi yang terbaik di organisasi mereka. Jangan katakana bahwa anda ‘merasa’ dapat melakukan ini dan itu. Katakan secara jelas apa yang AKAN anda lakukan. Berlakulah bahwa anda seperti sudah menjadi bagian dari tim mereka dan yang harus mereka berikan adalah peluang dan anda akan membantu perusahaan mereka ke tingkat yang lebih baru.

Akan sangat membantu anda jika anda telah melakukan beberapa riset di perusahaan mereka dan memiliki ide tentang apa yang akan menguntungkan mereka.

Sumber : Article Base

Leave a Reply

RP Bawah