Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Ketakutan berbicara di depan umum adalah salah satu dari Sepuluh Ketakutan Teratas yang dimiliki manusia. Istilah teknis adalah Glossophobia. Dalam beberapa daftar ini berada di urutan kedua setelah terbang, dan lebih banyak lagi orang yang lebih takut berbicara di depan umum daripada kematian. Mulai sekarang katakanlah sesuatu!

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Jadi apa yang membuat orang-orang ketakutan berbicara di depan umum? Dalam banyak hal ini karena ketakutan akan sesuatu yang tidak pasti – ini seperti mereka tidak tahu apa yang diharapkan. Ini seperti ketakutan untuk melakukan kesalahan – mereka kekurangan rasa percaya diri dan merasa bahwa orang-orang tidak akan mendengarkannya.

Ada ketakutan bahwa mereka akan lupa dengan apa yang akan mereka katakan – dan mereka akan berada di sana di bawah sorotan cahaya dengan mulut terbuka dan tidak ada yang keluar.

Tanda-tanda ketakutan ini terlihat dari tangan yang berkeringat, hati yang berdetak keras, kaki yang gemetar, wajah memerah, nausea dan bahkan dalam situasi yang ekstrem lidah akan terasa kaku – dan tidak ada kata-kata yang keluar.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Sedikit tekanan rasa gugup adalah hal yang bagus untuk pembicara. Tekanan perasaan gugup ini dapat dirubah untuk mengarahkan adrenalin yang memompa hati dan membantu menambahkan kharisma yang menambahkan tambahan getaran dalam berbicara. Pembicara yang bagus telah berlatih untuk mengendalikan ketakutan dan rasa gugup.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Apa yang dapat dilakukan untuk mengubah ketakutan untuk berbicara di depan umum menjadi energi untuk menambahkan wibawa saat anda berbicara?

Pertama-tama latihlah perilaku anda, bawalah perilaku positif ke dalam pembicaraan anda. Daripada merasa yakin kalau orang-orang akan menertawakan anda dan anda akan memperbodoh diri anda sendiri, berpikirlah tentang diri anda “Saya senang, Saya dapat melakukan ini, Saya percaya diri”. Secara mental harus dapat mengetahui kapan waktu anda mulai merasa gugup. Lihatlah tanda kapan anda harus berhenti dan katakan pada diri anda sendiri, ” saya tidak gugup, saya bersemangat. Saya akan menjadi hebat dan saya percaya diri. Ini akan menghubungpendekkan spiral yang menyebabkan ketakutan itu.

Kemudian berilah kesempatan kepada diri anda kesempatan untuk berbicara, buanglah rasa takut terhadap ketidaktahuan. Semakin sering anda berbicara, semakin banyak pengalaman yang anda miliki, dan semakin banyak anda mengetahui apa yang diharapkan dan anda akan semakin percaya diri. Ambil langkah kecil dan maju ke depan saat anda memperkenalkan diri anda kepada seseorang saat pertemuan, dan melangkahlah maju saat mengucapkan terima kasih. Setiap kali anda berbicara, maka anda mulai melepaskan batasan terhadap hal yang tidak anda ketahui.

Berlatih, berlatih, berlatih dan persiapan,persiapan, persiapan. Semakin sering anda berlatih dan melakukan persiapan, semakin kecil peluang Hukum Murphy kick in untuk muncul. Ketika anda memahami subjek anda, maka anda akan semakin percaya diri.

Jangan khawatir tentang catatan, jika anda memang memerlukannya, pergunakanlah catatan itu. Hanya pelajarilah cara memakainya, sehingga itu hanya sebagai bantuan saja dan bukanlah pembatas antara anda dan pendengar anda..

Akhirnya, carilah organisasi pelatihan yang di dekat anda. Hadiri pelatihan pembacaan buku yang berbicara di publik. Selalu ambil peluang untuk melatih apa yang telah anda pelajari, karena anda tidak akan dapat menjadi pembicara tanpa benar-benar melakukannya !

Ada banyak ide-ide praktis yang dapat berhasil – bagaimana saya mengetahui ini adalah karena saya ada di sana dan melakukannya. Saya dulu terlalu takut untuk berbicara di depan publik, saat ini hal itu bukanlah ketakutan terbesar saya, setidaknya saya bisa melakukan sesuatu tentang hal ini. Sehingga jika saya bisa sampai pada titik dimana saya sekarang senang berbicara, maka anda pun juga dapat melakukannya juga. Semua yang harus anda lakukan adalah mengambil langkah pertama.

Ada banyak tip dan trik yang dapat anda pergunakan dan ada banyak bahan untuk hal ini, anda dapat mengunjungi www.trischel.com.au. Di sini anda akan diberikan dasar-dasar untuk menjadi pembicara publik. Organisasi seperti Toastmasters International akan memberikan anda peluang untuk belajar dan mempraktekkan keahlian anda .

Oh, apakah ketakutan terbesar saya? Ini adalah ketakutan kepada ketinggian, yang menurut saya lebih sulit untuk mengatasinya daripada takut berbicara di depan publik. Saya masih berusaha mengatasi hal ini !

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Sumber : Article Base

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!