Tips dan Cara Mengelola Manajemen Perubahan

Mengelola perubahan dalam beberapa usaha atau organisasi merupakan tugas menajemen yang harus diperhatikan dengan sangat cermat. Perubahan digunakan untuk berbagai alasan seperti; ketika perusahaan mengenalkan aturan baru, ketika menetapkan sasaran baru, strategi dan pernyataan visi misi organisasi.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Tiga prinsip perubahan yang menurut saya paling penting dalam mengelola perubahan adalah:
1. Perubahan hanya dapat terjadi jika setiap orang membuat keputusan untuk menerapkan perubahan.
2. Mendefinisikan pandangan hasil akhir dengan jelas yang memungkinkan semua orang untuk menentukan bagian yang paling efisien dalam mencapai hasil tersebut.
3. Untuk mengubah individu, maka lakukanlah perubahan pada sistem.

Perubahan dalam organisasi hanya dapat diterapkan jika setiap orang dalam organisasi bertanggung jawab dan menerima untuk mengasimilasi cara baru dalam melakukan sesuatu. Manajemen perubahan yang efektif akan menjadi lebih efektif jika seseorang melihat pentingnya dan dampak perubahan yang akan membawa mereka sebagai individu dan organisasi secara keseluruhan. Hal terpenting adalah pada saat individu menyadari dimana perubahan dapat membuat mereka menjadi lebih efektif dan menjadi sumber daya yang dapat diandalkan dalam organisasi, tanpa hal ini mereka dapat menjadi sangat enggan mengadopsi perubahan baru (John Kotters, 1995).

Visi yang didefinisikan dengan jelas oleh organisasi akan membantu karyawan dan staf bawahan untuk merangkul perubahan dengan cara yang positif seperti mereka akan memiliki arah yang jelas mengenai apa dan di mana mereka diperlukan dalam or