Menggunakan Karyawan Kontrak dan Karyawan Outsourcing secara Optimal

Kontraktor dan konsultan dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan produktivitas selama masa sibuk. Ahli yang dikontrak memiliki pengalaman dan keahlian yang mungkin tidak tersedia untuk usaha anda dengan berbagai alasan. Keputusan untuk memanfaatkan kontraktor atau konsultan daripada karyawan, memungkinkan perusahaan anda untuk menyelesaikan proyek dengan cara yang profesional dan tepat waktu selain mengurangi pengeluaran tambahan seperti ruang kerja karyawan yang diperlukan, serta pengelolaan dan pengeluaran sumber daya manusia.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Apa yang terjadi selanjutnya, jika kontraktor tidak dapat melakukan seperti yang dijanjikan atau yang diharapkan? Hal ini dapat mengakibatkan melesetnya batas waktu pengerjaan, produk tidak sesuai standar, dan pada akhirnya menimbulkan ketidakpuasan pelanggan. Terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut.

Atur nada. Ketika mempersiapkan diri untuk mempekerjakan karyawan kontrak atau perusahaan konsultan, uraikan secara singkat apa yang menjadi harapan perusahaan anda dan harapan dari pelanggan pada waktu melakukan pertemuan wawancara yang pertama kali. Jika telah memilih kontraktor, maka sesi perencanaan awal harus mencakup penjabaran dari semua tujuan dan batas waktu tertentu untuk penyelesaian berbagai milestone proyek. Uraikan tujuan-tujuan ke dalam kategori spesifik bagi perusahaan dan spesifik bagi pelanggan.

Tujuan spesifik perusahaan dapat mencakup pertemuan pengungkapan pendapat dan strategi dengan karyawan perusahaan dan perwakilan pelanggan, fase-fase penyelesaian proyek, sesi peninjauan sebelum diajukan kepada pelanggan, dan peninjauan kembali selama proses proyek setelah penyelesaian. Tujuan spesifik pelanggan dapat mencakup perencanaan, serta produksi dan pengajuan proyek.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Beberapa pelanggan lebih menyukai menjadi bagian dari proses anda secara langsung, sedangkan yang lainnya lebih menyukai untuk memberikan kebebasan secara penuh kepada perusahaan anda untuk menyelesaikan proyek dengan cara anda sendiri. Preferensi pelanggan ini harus menjadi bagian dari sesi pengambilan keputusan dan perencanaan anda dengan kontraktor/konsultan anda. Apakah kontraktor akan berhubungan langsung dengan pelanggan? Bagaimana perusahaan anda akan memonitor hubungan ini?

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Tetap berada dalam lingkaran. Merupakan hal yang tidak biasa dalam proyek untuk langsung terlibat dalam tahap proyek yang sudah berjalan, dan langsung melakukan pengawasan secara bertahap, serta mendapatkan kinerja yang berkualitas. Pengawas dapat memulai dengan proyek baru atau terlibat dalam aspek usaha yang lain. Konsultan secara tidak sengaja akan mulai mengarah ke bagian dalam proyek sesuai dengan interpretasi mereka daripada mengarah ke kebutuhan pelanggan. Tetaplah berkomunikasi dengan manajer proyek anda. Permintaan dan peninjauan perbaikan berkala status proyek secara menyeluruh. Bertemu dengan pemimpin konsultan untuk mendiskusikan arah proyek dan meninjau tujuan sesuai dengan proses yang disetujui untuk mencapai tujuan tersebut.

Komunikasi. Jika pelanggan mempekerjakan anda untuk melakukan jasa tertentu, maka mereka benar-benar percaya anda dapat memberikan hasil akhir yang mereka butuhkan. Berikanlah berita mengenai status proyek kepada pelanggan anda. Jika terjadi keterlambatan dalam proses penyelesaian, pastikan pelanggan anda menyadari bahwa batas waktu mungkin perlu digeser. Bekerjalah dengan karyawan kontrak anda untuk memperbaiki permasalahan-permasalahan kecil sesegera mungkin. Sekarang bukan saatnya untuk membanggakan diri atau menyertakan ego. Tunjukkan permasalahan secara terbuka, dengan profesionalme dan rasa hormat.

Tunjukkan penghargaan. Selama berlangsungnya pekerjaan, dan tentu saja setelah penyelesaian pekerjaan, akuilah usaha-usaha untuk ‘mencapainya’. Pengakuan ini bukan hanya bagi pemimpin proyek, namun bagi tim secara keseluruhan. Kudos selalu menyambut dan menjadi motivator yang hebat agar proyek mengalami kemajuan.

Tinjau dan siapkan. Setelah penyelesaian proyek, lakukan pertemuan final dengan keseluruhan tim anda. Lakukan peninjauan terhadap proyek, gangguan, dan hal yang tidak terduga (baik dan buruk) yang telah terjadi. Lakukan tukar pendapat mengenai apa yang harus dilakukan dengan cara yang berbeda agar proyek dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Berbagi ide untuk proses yang lebih produktif untuk proyek berikutnya.

Memanfaatkan kontraktor dan konsultan dapat memberikan kemampuan kepada perusahaan anda untuk mengambil proyek yang lebih besar dengan biaya yang lebih murah. Hal ini akan menjadi pengalaman yang positif. Hal ini tidak boleh menjadi mimpi buruk. Rencanakan proyek anda, komunikasikan dengan tim anda, dan evaluasi proses yang telah anda selesaikan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini maka pada akhirnya akan menjadikan proyek anda sebagai mesin uang daripada monster pemakan keuntungan.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Sumber : Article Base

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!