Kiat Menulis CV yang Bagus

Sebuah CV – riwayat pekerjaan secara sederhana berarti tentang pengalaman kerja profesional singkat dan kualifikasi. Namun, dalam pasar kerja saat ini, CV – riwayat pekerjaan Anda harus jauh lebih. Dalam rangka menonjol, Anda perlu melanjutkan demonstrasi kemampuan Anda untuk memenuhi peran tertentu dan mencapai hasil yang akan membuat dampak positif pada hasil akhir perusahaan.

Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda menulis CV – riwayat pekerjaan yang lebih baik. Beberapa hal bisa tampak seperti masuk akal tapi saya menlibatkan mereka dalam hal apapun, karena saya telah melihat orang-orang membuat berbagai kesalahan.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Lakukan pekerjaan dasar Anda
Sebelum menulis CV – riwayat pekerjaan Anda adalah penting bahwa Anda tahu bidang karir yang Anda cari dan memahami keterampilan, kemampuan, dan pengalaman yang dibutuhkan. Anda juga harus menganalisis prestasi, keahlian, kemampuan, bakat, dan sebagainya. Ini akan membantu Anda menulis CV – riwayat pekerjaan dalam cara yang membedakan Anda dari kandidat lainnya dalam bidang Anda

Jadilah rapi dan bebas dari kesalahan
Menangkap semua kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa. Pastikan seseorang proofreads CV – riwayat pekerjaan Anda, sebaiknya seseorang memperhatikan detail. Bahkan kesalahan terkecil tanah bisa CV – riwayat pekerjaan Anda dalam tumpukan menolak

Menulis pernyataan pembukaan yang kuat
Formulir yang padat, pernyataan pembukaan yang jelas akan membantu Anda membawa pesan terfokus di seluruh CV – riwayat pekerjaan. Pernyataan pembuka terbaik meringkas keahlian Anda dan menekankan kekuatan Anda

Fokus pada manfaat bos Anda
Fokuskan pada pencapaian penyorotan yang akan membangkitkan minat pengusaha yang membaca CV – riwayat pekerjaan Anda. Menjawab pertanyaan: “Bagaimana calon ini memenuhi peran dan membuat dampak positif?” Ingatlah bahwa tujuannya adalah untuk mendapatkan wawancara

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Buatlah kesan pertama yang baik
Rata-rata, bos menghabiskan waktu kurang dari 30 detik mengamati setiap CV – riwayat pekerjaan. Kebanyakan pengusaha lebih peduli tentang prestasi karir daripada pendidikan. Tempat yang paling menarik dan fakta-fakta menarik tentang diri Anda di awal, seperti daftar prestasi dalam rangka relevansi

Tekankan keahlian Anda
Gunakan keahlian atau kemampuan bagian dalam CV – riwayat pekerjaan Anda yang terorganisir di sekitar bakat utama yang Anda tawarkan. Prioritaskan segala sestaunya.

Gunakan kata kunci
Sertakan kata kunci spesifik dan frase yang menjelaskan keahlian dan pengalaman Anda, seperti Peluncuran Produk, Laporan Laba Rugi, Neraca, Penjualan, Account Management, C + +, Visual Basic, Word Processing, MS Excel, Adobe Illustrator, Desain Grafis, dan Periklanan

Gunakan jargon industri
Industri menggunakan jargon dan akronim untuk mencerminkan keakraban Anda dengan bisnis bos, tetapi tidak sampai pada titik di mana ia membuat CV – riwayat pekerjaan Anda sulit untuk dibaca atau dimengerti. Jelaskan singkatan dalam tanda kurung jika mereka tidak jelas, seperti TQM (Manjemen Mutu terpadu)

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Gunakan kata kerja aktif
Menggambarkan diri Anda sebagai aktif, sukses, cerdas, dan mampu berkontribusi. Contoh: teratur, lancar, Dibuat, terpimpin, mendirikan, terorganisir, dan terawasi. Hindari kata ganti orang. Hindari kata ganti orang seperti ‘saya’ atau ‘aku’ dalam CV – riwayat pekerjaan Anda. Daripada kalimat lengkap, gunakan pernyataan Manfaat Aksi- pendek, seperti: “Terkoordinasi dan menerbitkan buletin mingguan yang meningkatkan kesadaran untuk kegiatan masyarakat setempat.”

Sorot sifat kunci
Gunakan huruf tebal, huruf miring, dan garisbawah untuk menyorot informasi yang paling relevan pada CV – riwayat pekerjaan Anda. Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan sekalipun.

Mengukur atau memenuhi syarat pengalaman
Angka-angka adalah alat yang sangat kuat, dan harus disertakan dalam pernyataan MAnfaat Aksi Anda. Alih-alih menulis “Bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan di wilayah saya,” menggunakan “Meningkatkan penjualan di wilayah saya 150% lebih dari 6 bulan. Akun 30 teratur meningkatkan pendapatan dari $ 1.5M untuk $ 2M per tahun”

Terorganisir, logis, dan ringkas
Selain meninjau pengalaman Anda, pengusaha juga menggunakan CV – riwayat pekerjaan untuk merasakan apakah Anda terorganisir, logis, dan ringkas. Pastikan CV – riwayat pekerjaan Anda seimbang, rapi, visual menarik, dan mengalir secara konsisten. Jelas bagian-bagian yang terpisah dan tekankan bagian judul. Cukup meninggalkan ruang kosong antar bagian untuk memudahkan membaca.

Hanya berkomunikasi
Meninggalkan penggunaan kosa kata yang terlalu tinggi dan terlau indah. Dengan kata lain, jangan mencoba untuk bos terkesan dengan kedalaman kosakata Anda. Gunakan kata-kata yang semua orang dapat mengerti.

Abaikan informasi gaji
Jangan pernah mengacu pada gaji dalam CV – riwayat pekerjaan Anda. Simpan informasi ini untuk wawancara

Jujur
Berbohong atau melebih-lebihkan kemampuan akan selalu menghantui Anda. Sejak bos mengecek calon yang serius, Anda butuh setiap detail pemeriksaan.

Posisikan diri Anda dalam prestasi terbaik
Untuk menekankan kesenjangan yang mencolok dalam riwayat kerja Anda, pertimbangkan untuk menggunakan CV – riwayat pekerjaan fungsional, yang berfokus pada keahlian dan prestasi anda daripada format kronologis, yang menekankan perkembangan pengalaman Anda

Mengkombinasikan bagian-bagian bila memungkinkan
Cobalah mengkombinasikan semua bagian pendek bersama untuk membuat CV – riwayat pekerjaan Anda lebih padat. Sebagai contoh, jika Anda hanya punya satu entri di bawah pelatihan, coba letakkan hal itu di bawah pendidikan dan ubah bagian judul pada “Pendidikan dan Pelatihan”.

Sumber : Article Base

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!