Apa itu Manajemen Pengetahuan – Knowledge Management?

Pengetahuan adalah bagian penting dari sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Diasumsikan bahwa modal manusia dalam sebuah organisasi adalah unsur modal intelektual. Manajemen Pengetahuan didefinisikan sebagai ‘setiap proses atau praktek membuat, memperoleh, menangkap, berbagi dan menggunakan pengetahuan, di mana pun berada, untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja dalam organisasi’.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Manajemen pengetahuan fokus pada badan khusus organisasi pada pengetahuan dan keahlian yang dihasilkan dari proses pembelajaran organisasi dan berkaitan dengan baik aliran pengetahuan keuntungan ataupun membuat keuntungan. ‘Aliran Pengetahuan’ mewakili cara-cara di mana pengetahuan ditransfer dari orang ke orang, atau dari orang-orang ke database pengetahuan. Manajemen pengetahuan dimaksudkan untuk menangkap keunggulan kolektif organisasi dan mendistribusikannya ke “mana pun dapat mencapai hasil terbesar”.

Manajemen Pengetahuan adalah tentang menyimpan dan berbagi pemahaman kolektif yang terkumpul dan keahlian dalam organisasi terkait dengan proses, teknik dan operasi. Karena memperlakukan pengetahuan sebagai sumber daya kunci Manajemen Pengetahuan adalah komponen kunci dari modal intelektual, yang memungkinkan praktisi HR untuk mempengaruhi orang-orang bidang manajemen.

Satu syarat utama untuk Manajemen Pengetahuan adalah mengintegrasikan hubungan antara praktek manajemen orang-orang dan kinerja organisasi yang dikelola secara profesional. Organisasi harus memantau bagaimana HR memberikan kontribusi dalam kreasi nilai nyata dalam bentuk output berbasis pengetahuan. Misalnya, dalam organisasi jasa profesional, pengetahuan yang dikuasai staf mereka merupakan kunci pengembangan modal intelektual. Beberapa organisasi seperti “menjual orang karena nilai yang mereka tambahkan kepada klien mereka”.

Meskipun konsep Manajemen Pengetahuan asli akhir-akhir ini, minat di dalamnya telah berkembang dengan pesat dengan perkembangan teknologi informasi (TI). Oleh karena itu, sebuah sistem Manajemen Pengetahuan perlu disiapkan dengan hati-hati, sistem informasi manajemen (MIS) terstruktur di mana informasi yang dicatat, disimpan dan dibuat tersedia bagi mereka yang membutuhkannya.

Inti dari Manajemen Pengetahuan selanjutnya perlu didesain ‘ pengembang pengetahuan ‘ untuk merancang perangkat lunak komputer untuk mengendalikan database pengetahuan, dan ‘pilihan pembelajaran’ yang akan memandu pengguna dalam menemukan, pada suatu waktu, informasi yang akan melayani pengembangan pribadi dan kebutuhan kerja mereka.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Sebuah sistem Manajemen Pengetahuan canggih bertujuan tidak hanya pada saling berbagi informasi, tetapi juga menghubungkan asumsi dan kepercayaan peserta didik. Keahlian- pengetahuan yang tersembunyi yang tersimpan dalam kepala orang-dapat dijelaskan dan berbagi dengan orang lain, akhirnya menjadi ‘ pengetahuan baru yang dibuat ‘, yang dipahami dan diterima di seluruh organisasi.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Tergantung pada posisi seseorang dalam organisasi, dan sudut pandangnya, mendorong pendekatan tim untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan yang dapat menguntungkan semua karyawan, atau bahkan terbukti menjadi strategi oleh manajemen senior yang dapat mengekstrak pengetahuan kunci individu untuk mengambil keuntungan dari ‘kolam kreasi pengetahuan’ yang ada dalam organisasi.

Namun, dalam sebuah organisasi yang kompetitif secara agresif dan penghargaan prestasi individu ketimbang kerja sama tim, karyawan mungkin enggan untuk membagi ide mereka bagi layanan baru dengan manajer mereka, sederhananya menolak manajer menerima bonus kinerja untuk ide orang lain.

Oleh karena itu, iklim organisasi pada kepercayaan dan penghargaan mutu tampaknya akan penting dalam mengembangkan Sistem Manajemen Pengetahuan yang efektif.

Akhirnya, kreasi pengetahuan dalam sebuah organisasi mengasumsikan bahwa karyawan, terutama pada tingkat menengah dan senior, sebenarnya tahu lebih banyak daripada apa yang mereka anggap tahu, walaupun mereka mungkin tidak menyediakan solusi untuk semua penyakit organisasi. Oleh karena itu, penting bagi organisasi-organisasi akan menciptakan suatu iklim organisasi mana dapat menggantikan pengetahuan tersembunyi yang ada / sistem tradisional pada berbagi pengetahuan; seperti iklim interfensi pelatihan sistematik yang diperlukan yang muncul bersamaan skema rutin berbagai hal.

Ini akan menawarkan cakrawala baru yang menarik bagi praktisi HR dan manajer di semua tingkat, pada akhirnya berkontribusi terhadap peningkatan kinerja karyawan dan kesejahteraan dan keefektifan organisasi.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!