4 Gaya Pengambilan Keputusan

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Kedua dimensi kunci dalam mengambil keputusan itu bisa dikombinasikan untuk membuat sebuah matrik dalam mengidentifikasi 4 gaya mengambil keputusan. Pertama adalah Decisive style, yaitu menggunakan sejumlah kecil data untuk menghasilkan keputusan “yang memuaskan”.

Kedua, Flexible style, yangjuga memanfaatkan sejumlah kecil informasi, tetapi dengan mengubah fokus berulangkali dan mereinterpretasikan data sehingga diperoleh beberapa kesimpulan yang berbeda-beda. Ketiga, Hierarchic style, yang merupakan la wan dari Flexible style.

Di sini, sejumlah besar data secara hati-hati dianalisa untuk memperoleh sebuah keputusan yang optimum. Keempat adalah Integrative style. Gaya ini mirip dengan Hierarchic style, yakni sama-sama mempergunakan jumlah data yang maksimum, tapi di samping memfokuskan pada satu keputusan terbaik, gaya ini sama halnya dengan Flexible style bertujuan untuk memperoleh beberapa kesimpulan yang mungkin.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Walaupun tersedia waktu yang cukup bagi seseorang untuk mengingat-ingat gaya mengambil keputusan spesifik seperti di atas, sebagian besar individu mengembangkan pula gaya mengambil keputusan yang umumnya digunakan dalam kondisi-kondisi tertentu. Apabila terjadi suplai informasi yang abnormal untuk mengambil sebuah keputusan, atau jika waktu sangat terbatas, maka banyak individu yang memanfaatkan back-up style. Gaya ini bias digolongkan pada Decisive atau Flexible style, karena sama-sama menggunakan informasi yang lebih sedikit dan lebih cepat.

Jika kita menilik gaya-gaya pengambilan keputusan di atas, maka dari segi pengolahan in¬formasi, Decisive style tergolong paling sederhana (kesimpulan tunggal dan informasi mi¬nimal), diikuti oleh Flexible style (kesimpulan jamak dan informasi minimal), Hierarchic style (kesimpulan tunggal dan informasi maksimum), dan akhirnya yang paling kompleks Integrative style (kesimpulan jamak dan informasi maksi¬mum).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Sebagai akibatnya, dalam kondisi pengambilan keputusan yang berlawanan, Integrative style mempunyai 3 pilihan back-up yang lebih sederhana dan lebih cepat: Hierarchic style, Flexible style, dan Decisive style. Sedang Hierrarchic style memiliki dua pilihan back-up yang mungkin, yaitu Flexible style dan Decisive style. Sementara Flexible style hanya mungkin bergeser ke Decisive style, dan Decisive style hanya bisa untuk menjadi lebih decisive.

Sumber : Majalah Eksekutif edisi Oktober 1989.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!