Tantangan Manajer Masa Depan

Mencoba merancang gambaran “manajer masa depan” adalah sebuah topik yang kompleks. Karena itu, mari kita coba dekati dari bagian ke bagian. Uraian ini akan dimulai dengan mengarahkan pandangah terhadap 4 hal utama yang menggambarkan peran dan fungsi manajer, yakni: Fungsi Eksternal Manajer, Fungsi Internal Manajer, Motivasi, dan Moril Manajer.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Dengan meninjau perubahan-perubahan yang terjadi pada keempat hal tersebut, akan dicoba dilihat implikasinya terhadap bidang manajerial. Dari sana baru akan diketengahkan antisipasi yang perlu dilakukan dan persiapan yang dibutuhkan. Gabungan seluruh pembahasan ini diharapkan akan memberikan gambaran kasar tentang apa dan bagaimana sosok manajer yang dibutuhkan di masa depan yang dekat ini.

Dari berbagai pandangan yang berkembang dewasa ini, kita patut sepakat bahwa peranan manajer di masa depan akan sangat tergantung pada corak perusahaan atau organisasi di mana mereka bekerja. Dan corak perusahaan itu, pada gilirannya, akan amat ditentukan oleh bentuk serta tatanan masyarakat yang ada. Pertanyaan yang akan segera muncul adalah tidak saja tentang bagaimana masa depan sistem demokrasi Barat, akan tetapi juga dinamika seperti apa yang terjadi pada sistem sosialisme dan kapitalisme.

Bertolak dari sana, maka dalam menganalisa peranan manajer, seharusnya kita berangkat dari proposisi bahwa setiap masyarakat dibangun atas komponen-komponen yang beragam, dan setiap komponen itu memiliki nilai-nilai tertentu. Kombinasi dari komponen dan nilai-nilainya itu, dalam rangka pembahasan kita kali ini, ternyata melahirkan tiga kebutuhan pokok: (1) kebutuhan untuk memperbaharui teori-teori tentang manusia, (2) kebutuhan akan teori organisasi perusahaan yang lebih canggih, dan (3) kebutuhan akan teori kemasyarakatan yang lebih realistis.

Setiap tatanan sosial, tak pelak lagi, didukung oleh seperangkat sistem nilai yang mela¬hirkan perilaku tertentu yang konsisten dari waktu ke waktu. Karena itu sebuah sistem so¬sial dan ekonomi yang disepakati bersama mutlak diperlukan oleh suatu masyarakat. Ber¬tolak dari itu bisa dimajukan beberapa asumsi penting yang masih bisa diperdebatkan guna melihat corak masa depan:

• Kawasan Adantik akan tetap ditandai oleh sebuah sistem sosial yang tidak akan berubah secara mendasar. Sistem sosial tersebut cirinya adalah: individualistis, kompetitif, demokrasi parlementer, dan ekonomi pasar bebas.
• Basis kekuatan ekonomi tetap di tangan sektor swasta.
• Peranan pemerintah tidak akan meluas, namun, mungkin, akan lebih intensif.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Asumsi-asumsi ini, pada dasarnya, melahirkan tiga situasi yang masing-masing mempunyai dampak terhadap lapangan manajerial. Tiga situasi tersebut adalah:

1. Di masa depan perusahaan dan pemerintah akan semakin mendapat tekanan dari masyarakat. Implikasinya terhadap lapangan manajerial adalah:

• Tanggung jawab utama seorang manajer adalah bagaimana menanggapi tuntutan ma¬syarakat, karena bagaimanapun juga tuntutan masyarakat itu bertolak dari basis yang sah.
• Pengambilan keputusan harus lebih didasarkan pada kriteria kemanfaatan (utility criteria) yang bisa dirasakan oleh berbagai kelompok kepentingan.
• Kerjasama antara dunia bisnis dan pemerin¬tah akan lebih selektif, dan diarahkan untuk kemakmuran bangsa.
• Kemampuan negosiasi menjadi faktor penting bagi manajer. Karena para manajer akan menghadapi negosiasi simultan: antara kalangan bisnis dengan pemerintah, serikat pekerja, kelompok kepentingan, masyarakat, kelompok profesi, dari sebagainya.

2. Struktur organisasi perusahaan akan lebih beragam, khususnya pada perusahaan yang bergerak di arena nasional dan intemasional. Sejalan dengan itu akan terjadi pula desentralisasi kekuasaan. Akan tetapi hal ini ternyata mendatangkan ketegangan-ketegangan di beberapa negara tertentu, yang disebabkan oleh faktor-faktor:

• Intervensi pemerintah yang semakin besar, adanya kecenderungan untuk meletakkan fungsi direktur dan eksekutif di satu tangan, yang melahirkan pola pengambilan keputusan yang terpusat, Kecenderungan ini, sudah barang tentu, bertentangan dengan tuntutan egaliter akan penyebaran pusat kekuasaan.
• Gelombang “merkantilisme baru” akan memaksa pemerintah untuk menjual produk-produknya, kendati produk itu sebenarnya tidak kompetitif di pasar. Hal ini akan menggerogoti kepercayaan masyarakat, baik terhadap pemerintah maupun sektor swasta.
• Kemungkinan munculnya serikat buruh internasional yang aspiratif, sehingga merangsang para pimpinan serikat pekerja untuk tampil lebih agresif terhadap manajemen. Sebaliknya, hal ini akan merangsang para manajer untuk menegakkan otoritasnya.

3. Akan muncul tuntutan kuat bahwa keberadaan sebuah perusahaan hendaknya tidak semata didasarkan pada maksimalisasi keuntungan, namun juga mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas. Dari sini akan muncul tema-tema menarik seperti:

• Bahwa konsep tanggung jawab sosial perusahaan akan lebih menekankan pada kesukarelaan sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan lingkungan. Bukan lagi karena desakan dari pemerintah atau lembaga-lembaga lainnya.
• Dibutuhkan kemampuan analisa yang lebih tinggi untuk bisa memberikan batasan pada pola hubungan antara bisnis dan masyarakat.
• Akan semakin jelas perbedaan antara kepemimpinan yang kreatif dengan manajemen yang rutin. Manajer pada perusahaan yang sedang tumbuh besar akan semakin di tun tut untuk memainkan peran kepemimpinan; dan bukan hanya memperhatikan tugas-tugas rutin manajerial semata.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Sumber : Majalah Eksekutif edisi November 1989

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!