Membangun Budaya Kerja dan Budaya Perusahaan

Budaya Macho (keras seperti anak muda). Perusahaan di sini dihadapkan pada usaha yang penuh risiko dan umpan balik yang cepat. Tipe ini merupakan Budaya Perusahaan yang paling keras. Dalam usaha, keberuntungan dan kegagalan bisa da tang sekejap. Lembaga Kepolisian dan dokter bedah termasuk tipe ini. Dalam skala yang lebih luas, usaha-usaha berikut ini tergolong ber-Budaya Macho: konstruksi, kosmetik, konsultan manajemen, venture capital, perusahaan iklan, televisi, bioskop, percetakan, olahraga dan beberapa industri entertainment lainnya.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Budaya Macho cenderung mencerminkan temperamen anak muda yang memfokuskan pada faktor kecepatan, bukan daya tahan (en¬durance). Kalau seorang eksekutif otomotif memutuskan untuk tidak mengubah desain, se-mentara model yang lama tidak dijual lagi, maka eksekutif itu akan “tenggelam”. Tapi, jika perubahan itu dilakukan dan sedan itu laku ke¬ras, sang eksekutif akan menjadi bintang. Suk¬ses dari segi keuangan juga cepat didapat. Ham-pir seluruh milyuner berusia sekitar 28 tahun berasal dari perusahaan ber-Budaya Macho. Namun, karena tekanan dan irama kerja budaya ini, maka banyak individu yang tersingkir sebelum mereka mencapai usia separo baya.

Lingkungan budaya macam ini mendorong orang untuk menghargai pengambilan kepu¬tusan berisiko tinggi. Slogan perusahaan ber¬budaya ini mencerminkan penghargaan terhadap kata-kata terbaik, terbesar, atau terhebat. Ritual. Kesempatan memegang peran penting dalam Budaya Macho. Apa yang telah terjadi mungkin tidak terjadi lagi, sehingga karyawan memiliki ritual yang cenderung “melindungi” diri. Alat perlindungan diri itu bisa berupa prosedur standar yang harus dilalui dalam pekerjaan.

Individu-individu dalam Budaya Macho menyukai tahyul: sukses yang telah diraih dikaitkan dengan faktor-faktor yang kurang masuk akal. Pada musim dingin 1982, peringkat CBS Evening News terus melorot dibanding saingannya. Waktu itu, Walter Cronkite otak bis¬nis CBS meninggal, dan Dan Rather yang menggantikannya sulit mengatasi kemelorotan itu.

ABC dan NBC segera bergerak cepat merebut konsumen CBS. Posisi CBS bertambah sulit. Di pertengahan musim dingin, Rather mulai memakai sweater di balik jaketnya karena stu¬dio sangat dingin. Segera setelah dia memakai sweater peringkat CBS mulai naik. Rather cepat-cepat membuat tahyul seolah-olah ada hubungan antara sweater dengan sukses, sekaligus hal ini sebagai isyarat bahwa dia akan selalu memakai sweater sekalipun dalam musim panas.

Kekuatan dan kelemahan. Budaya Macho memungkinkan perusahaan beroperasi dalam lingkungan yang berisiko tinggi dan umpan balik yang cepat. Budaya Perusahaan ini mendorong karyawan untuk menjadi pengambil risiko, dan dengan cara ini boss perusahaan menjalankan roda usaha. Pemilik perusahaan yang memiliki Budaya-Macho antara lain Reggie Jackson, Henry Ford, dan Helena Rubenstein.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Budaya ini memiliki beberapa kelemahan yang cukup mendasar. Karena yang diperhatikan adalah umpan balik yang cepat dari investasi jangka panjang, akibatnya perhatian terhadap daya tahan usaha jangka panjang praktis tidak ada. Orientasi jangka pendek ini pada gilirannya menimbulkan beberapa konsekuensi. Pertama, kompetisi untuk menjadi bintang sangat menyolok sehingga semangat kerjasama dilupakan. Kedua, karena budaya ini cenderung mendorong orang untuk mempercayai tahyul, maka usaha belajar dari kesalahan tidak pemah ada.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Sumber : Majalah Eksekutif edisi November 1989

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!