Budaya Berani Ambil Resiko

Hidup dalam bu¬daya yang berfokus pada resiko ini penuh dengan upaya menekan risiko tinggi, tapi dengan umpan balik yang lambat. Lambat di sini diartikan bahwa investasi perusahaan bersifat jangka panjang.

Jenis usaha yang tergolong Budaya “Bertaruh” antara lain industri padat modal seperti Cincinnati Milacron atau Caterpilar Tractor, perusahaan pertambangan dan peleburan logam, perus ahaan bersistem luas, perusahaan perminyakan, bank investasi seperti Morgan Stanley dan First Boston, perusahaan arsitektur, perusahaan perancang komputer, dan sejumlah perusahaan asuransi. Termasuk juga dalam kategori ini Angkatan Darat dan Laut yang menghabiskan milyaran dollar untuk persiapan menghadapi perang, yang efltah kapaft bakal terjadi.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Pentingnya memibuat keputusati yang tepat menimbulkan sense melihat jauh ke depan. Perusahaan menghitung waktu dalam bulan dan tahun, bukan dalam hari atau minggu. Jika dalam rapat ada yang belum terjawab, maka rapat ditunda untuk mencari jawabannya.

Ritual utama budaya ini adalah rapat bisnis. Yang unik, meskipun seluruh level organisasi hadir dalam rapat, tempat duduk diatur berdasarkan jabatan, dan hanya para senior yang boleh berbicara. Sedang pengambilan keputusan dilakukan pimpinan.

Figur panutan. Figur panutan dalam budaya ini memiliki karakter dan kepercayaan diri yang kuat. Mereka memiliki sikap tegas seperti Budaya Macho, tapi memiliki stamina untuk menghadapi ketidakmenentuan jangka panjang, baik dengan sedikit umpan balik maupun tanpa umpan balik sama sekali. Mengambil ke¬putusan butuh waktu yang lama; dan sekali melakukan, pemikiran sulit berubah.

Dalam budaya ini dibutuhkan pribadi-pribadi yang matang. Di sini panutan sangat penting, karena mereka selalu memberikan dorongan psikologis kepada bawahan selama masa yang menegangkan ini. Dia juga mau berbagi pengetahuan maupun berdiskusi dengan bawahan, sehingga saling ketergantungan satu sama lain sangat tinggi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Budaya Perusahaan seperti ini telah menghasilkan berbagai penemuan berkualitas tinggi dan terobosan ilmiah yang bermanfaat. Karena perspektif yang berjangka panjang, perusahaan berbudaya ini sangat rentan terhadap fluktuasi ekonomi jangka pendek dan problem cash flow. Terlepas dari hal tersebut, mungkin perusahaan-perusahaan seperti ini yang kita butuhkan. Walaupun pelan, toh semuanya dilakukan dengan perencanaan yang matang.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Sumber : Majalah Eksekutif edisi November 1989

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!