Profil Eksekutif Manajemen di Asia Tenggara

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Profil eksekutif yang efektif di setiap negara Asia Tenggara dalam tahun 2000 akan memiliki unsur-unsur yang hampir sama, bersama dengan karakteristik spesifik mengikuti kultur nasional masing-masing negara tingkat pembangunannya dan struktur ekonominya. Di seluruh kawasan, pada tingkat senior, eksekutif yang efektif.

• la akan membutuhkari wawasan internasional (guna membuat pengertian saling ketergantungan regional dan internasional yang mempengaruhi bisnisnya dan memungkinkan pengembangan strategi perusahaan); ia membutuhkan keterampilan komunikasi internasional.

• la harus tahu bagaimana mengelola informasi melalui penggunaan komputer canggih dan teknologi komunikasi. Bahasa Inggris dan bahasa komputer merupakan suatu prasyarat bagi eksekutif.

• la akan membutuhkan pengertian yang lebih besar tentang tanggung jawab sosial perusahaan daripada sebelumnya. la akan menjadi terampil dalam mengelola hubungan swasta-pemerintah. Keahliannya akan kurang disandarkan atas kemampuan untuk mengelola mekanisme alokasi sumber daya alamiah, tetapi lebih dalam bidang pengembangan kematangan, pertukaran profe¬sional dengan pegawai negeri yang bertanggung jawab.

• Pandangan jangka panjang akan menjadi gambaran bagi proses pembuatan keputasan, sementara dia akan belajar untuk mengoperasikannya dengan adaptabilitas dan fleksibilitas yang tinggi.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

• la akan mampu merencanakan struktur yang tanggap dan sistem manajemen yang mampu menumbuhkan entrepreneur yang dibutuhkan, mengurangi kelangkaan bakat wiraswasta, dan kelangkaan insentif institusional pada tingkat nasional.

• la akan menghargai kebutuhan akan kebijaksanaan pengembangan sumber daya manusia untuk mengembangkan masyarakat dan me¬numbuhkan bakat profesional. la akan melihat manusia sebagai sumber daya strategis.

• la akan sensitif pada dimensi kultural dari manajemennya, memberikan karakteristik multi kultural pada lingkungan nasional dan regionalnya. Lebih jauh lagi, ia akan sensitif pula pada kultur perusahaannya sebagai wahana untuk mengelola perubahan.

• la akan menjadi pengelola perubahan. Perubahan yang bukan pilihannya, keputusannya, atau tujuannya tetapi membutuhkan proses yang mengharuskan eksekutif untuk mengelolanya. Sebagai gantinya mereka akan mengelola perubahan dalam lingkungannya dan kesempatan untuk bertahan dalam jangka panjang menjadi sederhana.

• Untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengelola perubahan, ia akan tetap belajar dan terikat dengan proses pendidikan berkelanjutan yang terkait dengan kebutuhan akan lingkungan dan evolusinya.

• Keterkaitan dengan kolega ASEAN-nya, jaringan kerjanya di seluruh negeri dan kawasan memungkinkannya untuk mengantisipasi dan memantau perubahan.

• Profil eksekutif yang dibutuhkan di kawasan Asia Tenggara pada akhir dekade ini bukanlah gambaran dari pemikiran yang bijaksana mengenai manajer yang abstrak. la mungkin saja hadir sekarang, akan tetapi masih jarang sekali.

• Untuk maju ke tahun 2000 dari masa kini tidak dibutuhkan lebih banyak teknik-teknik ma¬najemen yang canggih, tapi lebih merupakan perubahan dalam mentalitas, sikap, nilai, dan tingkah laku dari aktor dalam sistem itu. Dan itulah yang terdapat dalam penibangunan sosio-ekonomi, yaitu perubahan.

Eksekutif harus seniman tinggi di dalam perubahan-perubahan itu, seperti pengaruh aksi mereka yang mampu mendramatisasi sistem melalui dampak mereka atas proses perkem-bangan sosio-ekonomi. Tanggung jawab akan menjadi tugas mereka, keberanian untuk melakukan perubahan membutuhkan komitmen me¬reka, kapasitas untuk membentuk lingkungan yang lebih baik akan menuntut seluruh kemampuan mereka, termasuk yang ada maupun yang akan dikembangkan. Ini merupakan tantangan bagi kawasan Asia Tenggara.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Sumber : Majalah Eksekutif edisi Juni 1989

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!