Pendidikan Manajemen dan Keahlian Manajemen

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Pendidikan manajemen sarat akan nilai: ia memperkenalkan sejumlah nilai, pendefinisian apa yang baik dan buruk, yang dapat diterima atau ditolak, sementara itu ia memiliki cara yang istimewa untuk mencapai tujuan-tujuannya.

Teknologi manajemen tidaklah netral. ROI mencantumkan penerimaan keuntungan; teknik perencanaan karir mencantumkan pandangan dinamis atas kebutuhan individu dan pengembangan potensi. Tingkah laku manajerial juga didefmisikan secara kultural. Apa yang da-pat diterima di Detroit belum tentu diterima di Surabaya. Apa yang dapat bekerja di Nagoya mungkin gagal di Johor Baru.

Dan apa yang cost-effective di Frankfurt mungkin tidak berlaku di Chiangmai. Para manajer dan pekerja di setiap negara ASEAN secara kolektif telah terprogram pemikirannya melalui masa kanak-kanak dan pendidikan yang mereka lalui. Mereka sangat jauh berbeda. Kultur “nasional” telah mendorong orang Filipina untuk memperhatikan “hiya” dan “pakikisama”, orang Jawa terpengaruh oleh “kebatinan” dan mengunjungi “dukun”, sementara orang Malaysia mempercayai nasehat “bomoh”.

Setiap kultur budaya dan identitas spesifik mereka harus “dicampurkan” dengan pendekatan “manajemen modern” yang juga membawa nilainya sendiri. Transfer keahlian manajemen haruslah sensitif terhadap kedua kelompok nilai itu guna menghindari terjadinya agresi kultural, dan kegagalan. Sementara itu terdapat pencarian untuk sinergis dalam mengimplementasikan pendekatan aslinya. Ini merupakan proses rumit yang akan memunculkan isyu kontroversial mengenai bagaimana gaya manajemen yang sesuai dengan Indonesia.

Untuk menjawab pertanyaan rumit ini, pen¬dekatan yang mungkin dapat ditemukan adalah dalam pandangan para pemimpin mengenai bentuk masyarakat yang ingin dicapai di negara masing-masing. Untuk membangun suatu bangsa yang lentur, untuk memonitor perkembangan sosio-ekonomi tidak hanya sekedar sebagai proses “pertumbuhan”, untuk memilih teknologi yang diimpor dan/atau dikembangkan secara lokal, untuk menentukan kebijaksanaan distribusi pendapatan, maka para pemimpin harus memiiki pandangan mengenai masyarakat yang hendak mereka bentuk untuk masa depan.

Pandangan itu sendiri, apakah terartikulasi di sekitar “Pancasila”, atau di seputar prinsip-prinsip dan garis besar kebijaksanaan, akan memungkinkan para eksekutif perusahaan untuk mengembangkan strategi jangka panjang dan praktek-praktek manajemen yang “efektif’.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Sumber : Majalah Eksekutif edisi Juni 1989.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!