Gaya Pengambilan Keputusan Decisive

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Prof. Michael J. Driver dan koleganya telah meneliti bahwa selain perbedaan dalam jumlah informasi yang dipergunakan dan jumlah alternatif yang perlu dipertimbangkan dalam mengambil keputusan, setiap orang juga bervariasi dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen lainnya. Variasi tersebut antara lain dalam beberapa hal seperti faktor yang dihargai, perencanaan, tujuan, organisasi, komunikasi, dan kepemimpinan.

Decisive. Seperti telah disinggung, individu yang menggunakan gaya ini memanfaatkan jumlah informasi yang minimum untuk sampai pada satu kesimpulan. Gaya ini sangat menghargai faktor kecepatan, efisiensi, dan konsistensi.

Mereka tergolong individu-individu yang berorientasi pada kerja dan hasil. Mereka menggunakan data dasar yang minimal untuk merancang perencanaan yang terorganisasi dan terkontrpl secara cermat. Perencanaan hanya dalam jangka pendek saja, dan deadline dibuat secara kritis. Hanya satu atau dua tujuan yang hendak diraih.

Tipe ini memiliki fokus tunggal, biasanya terhadap tujuan atau sasaran organisasi. Tipe Decisive lebih suka struktur organisasi yang hirarkhis dengan rantai kontrol dan peraturan-peraturan yang singkat dan jelas. Komunikasi haruslah ringkas dan to the point. Kemudian semuanya harus melewati manajer. Laporan tertulis haruslah dalam format ringkas dan terfokus pada hasil dan tindakan yang direkomendasikan. Seorang yang tergolong Decisive hanya suka menerima satu solusi, dan umumnya laporan yang detail sering dikembalikan, didiamkan, atau diserahkan kepada seseorang untuk disimpulkan.

Seorang Dicisive menerima wewenang didasarkan pada posisi dalam perusahaan. Mereka memotivasi karyawan dengan sistem hukuman terhadap yang melakukan kesalahan. Keputusan bersifat