Analisa Persaingan Bisnis dan Kompetisi

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Dunia bisnis penuh dengan rantai dan kaitan. Proses dan produk saling kait-mengkait dalam untaian yang akhirnya mengkaitkan produsen dengan konsumen. Tidak ada masalah atau keputusan bisnis yang berdiri sendiri. Dengan mengabaikan kenyataan mengenai eksistensi rantai ini, pihak produsen akhirnya akan memutuskan rantai dan gagal.

Rantai produsen-konsumen ini berkaitan dengan segala kegiatan dalam proses produksi dan proses pemasarannya. Dimulai dengan desain dan rancangan produk. Mata-mata rantai lainnya: pembuatan produk, pemasaran, penjualan, distribusi, pelayanan pada konsumen. Mata rantai yang terakhir adalah konsumen.

Apa yang dilakukan oleh produsen pada salah satu tahap dapat mempengaruhi tahap-tahap lainnya. Jika salah satu mata rantainya putus, sa-saran utama proses itu yakni melayani konsu¬men akan tidak terpenuhi.

Semua mata rantai sama pentingnya. Karena itu tidak ada bagian yang kalah penting dari lainnya dari sebelum proses produksi sampai akhirnya ke tangan konsumen.

Produsen tidak boleh berpikiran sempit mengenai barang yang diproduksinya. Dia harus mencari peluang dan waspada terhadap kompetisi di setiap penjuru. Kalau konsep produk ini sempit, pasti akan menemui kesulitan. Kon¬sep produk itu sendiri kemudian menjadi kompetitor. Marketing ppt.

Bagaimanapun pintarnya produsen menge¬nai keadaan pasar, kadang-kadang kejutan datang secara mendadak. Teknologi baru, perusa¬haan baru, cara baru semuanya itu dapat dengan cepat menggoyahkan industri. Tentu ini merupakan kejutan yapg dapat sangat merugikan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan leadership skills, silakan KLIK DISINI.

Kejutan demikian itu tidak dapat dihindari. Tetapi produsen bisa siap mental. Dia bisa bersikap sederhana, sadar akan adanya kemungkinan seperti itu dan bertindak cepat kalaukejutan itu datang. Produsen sebaiknya menyadari, tidak ada perusahaan yang terlalu besar, yang terlalu capital-intensive, sehingga bisa terhindar dari kekacauan akibat inovasi di bidang teknologi.

Yang paling keras adalah kompetisi dari diri sendiri. Mesin tidak saling berkompetisi. Manusia yang berkompetisi. Banyak hal mengakibatkan kita berkompetisi dengan diri sendiri: karena kita menganggap rendah ide-ide kita sendiri, karena ide-ide belum pernah dicoba; atau karena kita menganggap serba bisa dan merasa tidak mungkin bisa gagal; atau kita tidak mau mendengarkan orang lain, tidak mau berubah, dan ti¬dak mau bereksperimen.

Kita harus terbuka untuk pikiran-pikiran yang kreatif. Dengan perubahan pasar yang demikian cepat, para manajer harus mampu menganalisa keadaan baru dan memakai pendekatan-pendekatan kreatif. Pendekatan lama tidak mungkin dipakai untuk mengatasi problem-problem baru.

Yang paling penting, manajer harus memperhatikan pasar harus mendengarkan dan menanggapinya. Jangan sampai produsen menganggap remeh kompetitor, ataupun mengang-gapnya terlalu hebat. Produsen harus terus-menerus bereksperimen.

Jika manajer menganut cara berpikir yang demikian, dia akan mampu menghindari problem yang paling gawat: membuat dia menjadi kompetitor diri sendiri.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!