Profesionalisme dalam Bisnis

Eksekutif yang bijaksana selalu memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan bisnisnya. Sebaiknya diingat, pengungkapan rahasia pribadi pada seorang kolega terdekat, akibat jeleknya mungkin tidak timbul seketika. Tapi suatu saat dapat berdampak merusak ketika rekan Anda tadi menyampaikan cerita tersebut pada seseorang yang hubungannya mungkin tidak begitu baik dengan Anda. Dengan alasan ini, seorang eksekutif yang bijak senantiasa menjaga informasi-informasi yang kritis terhadap superioritas dirinya dan kepentingan perusahaannya. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Bertindak bijaksana juga berarti bertindak sebagai sosok yang bisa dipercaya, baik secara personal maupun bisnis. Ini ada hubungan dengan perlunya tidak terbiasa latah dalam menceritakan pengalaman-pengalaman yang sifatnya pribadi. Bila atasan mendengar seseorang bercerita detil mengenai keintiman kencan malamnya boleh jadi minatnya untuk menunjukkari proyeksi penjualan kuartal berikutnya pada orang itu menjadi berkurang. Sebaliknya, bila atasan mengungkapkan rahasia pada seorang karyawan tentang Pres-Dir mereka yang akan meninggalkan perusahaan, tidak pada tempatnya rahasia itu disebarkan ke mana-mana.

Jangan sia-siakan waktu
Dalam kehidupan bisnis, waktu itu sangat berharga. Eksekutif yang bijak sadarakan ini dan tidak pernah menyia-nyiakan, tidak hanya waktunya tapi juga waktu orang lain. Mereka selalu mengalokasikan pemakaian waktu secara efektif, dan menjadikan sebagian besarnya sebagai waktu-waktu bisnis.
Salah satu kecerobohan terbesar, baik dalam aktivitas sosial maupun profesionalisme, adalah kebiasaan terlambat. Ada contoh kasus seorang manajer perusahaan asuransi. la cenderung selalu terlambat untuk apa saja, baik dalam pekerjaannya maupun makan siangnya.

Tidak hanya itu, bila ia sudah hadir tidak tepat pada waktunya, dia masih meneruskan membuang-buang waktu itu untuk hal-hal yang tidak relevan. la, misalnya, suka memotong pembicaraan dalam rapat dengan cerita-cerita yang menyimpang atau anekdot-anekdot. Manajer asuransi tadi termasuk orang yang mampu menjangkau kedudukan top dalam profesinya, tapi tingkah lakunya memaksa orang untuk menganggap dia sebagai sosok yang usil. Orang-orang juga tidak percaya bahwa ia akan menerima tanggung jawab yang lebih besar dari perusahaan, karena promosi berarti memberinya peluang untuk bisa menyia-nyiakan waktu dalam ukuran nilai jam kerja yang lebih besar.

Manusia sering lupa, bila tiap orang dalam sebuah perusahaan besar membuang waktu beberapa menit saja, total biaya yang menguap bisa mengejutkan.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Terandalkan
Salah satu tonggak penopang keberhasilan seorang eksekutif adalah kemampuannya untuk terus dapat diandalkan. Pihak manajemen tidak akan pernah memberikan tanggung jawab yang lebih besar pada seseorang yang belum pernah mendemonstrasikan kemampuannya dalam memperhatikan hal-hal yang kecil.

Dengan alasan itu, seseorang yang meningkat kedudukannya, misalnya, harus pula siap untuk melaksanakan tanggung jawab dari tugas-tugasnya secara penuh. Ia harus menggunakan inisiatif agar tugas-tugasnya berjalan lancar, tidak mencari cara asal saja, dan selalu berusaha memenuhi deadline. Bila sekretaris tidak masuk kantor sementara proyek harus selesai, umpamanya, cari orang lain untuk mengetik, atau ketik sendiri kalau perlu.

Contoh untuk ini adalah seorang manajer profesional, sebut saja namanya Paul, di sebuah perusahaan komputer. Ia sudah menskedulkan suatu demonstrasi komputernya pada hari Senin, ketika di hari Jumat dijumpai sistem kerja komputer itu tidak berjalan baik. Berusaha membetulkan fungsi dan sistem itu, Paul bekerja sepanjang weekend, 12 jam sehari, sampai ia mampu memecahkan problem itu. Akhirnya demonstrasi berjalan lancar, menghasilkan order besar bagi perusahaannya dan promosi bagi Paul.

Bersikap positif

Seorang yang benar-benar profesional yang umumnya secara fisik juga sehat senantiasa berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif. la bisa menemukan peluang di balik permasalahan, dan tidak membiarkan diri terhanyut dalam frustasi akibat apa pun. Orang semacam ini juga cenderung mendorong orang lain agar bersikap yang sama.

Dalam pada itu, tidak sedikit karyawan yang selalu sibuk dengan keluhan ketika menghadapi tantangan; mereka sama sekali tidak melihat sisi-sisi yang baik dari tempat mereka bekerja. Sikap negatif seperti ini tidak hanya menyia-nyiakan waktu dan membuang-buang energi, tapi juga dengan cepat bisa menular pada rekan yang lain dan berakibat buruk pada suasana mo¬ral perusahaan.
Contoh kasusnya adalah Ellen, seorang yang penuh semangat, karyawati baru di sebuah peru¬sahaan ekspor-impor. Ia mendapati rekan-rekan sekerjanya sangat bersahabat, dan dalam waktu singkat ia diterima sebagai anggota sebuah grup kecil yang biasa kumpul-kumpul.

Namun, tambah santai mereka dalam kelompok itu, tambah bebas pula mereka menyampaikan segala omelan pada kebijaksanaan perusahaan. Mereka saling melontarkan keluhan, mulai dari persoalan gaji yang dianggap kurang sampai beban kerja yang terlalu berat, dan bahkan kualitas makanan di tempat makan siang. Hari demi hari, pembica¬raan makin terpusat pada kekurangan-kekurangan perusahaan, sehingga tinggal sedikit alasan bagi Ellen untuk bisa bersikap tetap sebagai se¬orang yang antusias.

Setelah enam bulan, Ellen tidak ingat lagi pada hal-hal yang semula menyebabkan ia menyukai perusahaannya, dan ia su¬dah bergabung dengan para perengek. Sikap dari para rekan sekerja itu telah merusak moral El¬len, dan sulit bagi Ellen untuk kembali melihat segala sesuatu dari hal-hal yang positif.

Setiap orang pasti menemukan problem-problem. Dibutuhkan inisiatif dan kreativitas untuk melihat sisi-sisi positif yang ada di balik problem itu.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Sumber : Majalah Eksekutif edisi Januari 1989

Bagaimana Saya Menghasilkan 40 Juta Per Bulan dari Internet. My Real Story. Pelajari ilmunya DISINI.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!