Melakukan Survei Kepuasan Karyawan

Masalah-masalah perusahaan ibarat penyakit yang hinggap di tubuh. Obatnya bisa mahal dan bisa juga murah. Survei sikap karyawan termasuk upaya penyembuhan yang murah dan efektif, terutama untuk mengatasi masalah-masalah yang sifatnya “kronis”.

Masalah-masalah seperti turnover pegawai yang tinggi, sering absen, hubungan atasan-bawahan yang buruk, serta program pelatihan yang tidak memadai termasuk penyakit kronis perusahaan. Kronis karena bisa berlangsung terus-menerus sering tanpa diketahui sebab musababnya. Langkah mengatasinya pun, karena ketidaktahuan ini, bisa keliru dan malah mahal.

Padahal, mengatasi masalah yang pada dasarnya melibatkan performans karyawan ini kerap bisa diselesaikan dengan mengetahui apa yang dirasakan/dikeluhkan karyawan dan apa yang dikehendakinya. Masalah sepele? Belum tentu juga, terutama bagi perusahaan yang sudah mempekerjakan puluhan sampai ratusan karyawan. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Upaya untuk mengetahui keluhan dan kehen-dak karyawan dapat efektif diperoleh melalui survei sikap pegawai. Sikap terhadap pekerjaan dan kesulitan yang dihadapinya, terhadap cara memimpin atasannya, imbalan yang diperolehnya, dan banyak aspek lain yang secara langsung mempengaruhi cara maupun presta.si kerjanya. Survei ini memungkinkan pihak manajemen memperoleh data yang rinci mengenai aneka sumber permasalahan sehingga bisa disusun langkah penyelesaian yang efektif. Data seperti ini juga bisa menghindarkan manajemen dari kemungkinan mengambil langkah penyelesaian yang sifatnya intuitif atau berdasarkan feeling belaka.

Survei sikap bisa dibuat oleh pihak luar yang profesional, yang menyediakan alat pengumpul data yang valid sekaligus sikap obyektif dalam menyi