Melakukan Survei Kepuasan Karyawan

Masalah-masalah perusahaan ibarat penyakit yang hinggap di tubuh. Obatnya bisa mahal dan bisa juga murah. Survei sikap karyawan termasuk upaya penyembuhan yang murah dan efektif, terutama untuk mengatasi masalah-masalah yang sifatnya “kronis”.

Masalah-masalah seperti turnover pegawai yang tinggi, sering absen, hubungan atasan-bawahan yang buruk, serta program pelatihan yang tidak memadai termasuk penyakit kronis perusahaan. Kronis karena bisa berlangsung terus-menerus sering tanpa diketahui sebab musababnya. Langkah mengatasinya pun, karena ketidaktahuan ini, bisa keliru dan malah mahal.

Padahal, mengatasi masalah yang pada dasarnya melibatkan performans karyawan ini kerap bisa diselesaikan dengan mengetahui apa yang dirasakan/dikeluhkan karyawan dan apa yang dikehendakinya. Masalah sepele? Belum tentu juga, terutama bagi perusahaan yang sudah mempekerjakan puluhan sampai ratusan karyawan. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Upaya untuk mengetahui keluhan dan kehen-dak karyawan dapat efektif diperoleh melalui survei sikap pegawai. Sikap terhadap pekerjaan dan kesulitan yang dihadapinya, terhadap cara memimpin atasannya, imbalan yang diperolehnya, dan banyak aspek lain yang secara langsung mempengaruhi cara maupun presta.si kerjanya. Survei ini memungkinkan pihak manajemen memperoleh data yang rinci mengenai aneka sumber permasalahan sehingga bisa disusun langkah penyelesaian yang efektif. Data seperti ini juga bisa menghindarkan manajemen dari kemungkinan mengambil langkah penyelesaian yang sifatnya intuitif atau berdasarkan feeling belaka.

Survei sikap bisa dibuat oleh pihak luar yang profesional, yang menyediakan alat pengumpul data yang valid sekaligus sikap obyektif dalam menyimpulkan dan memberikan saran. Penugasan pada pihak profesional di luar perusahaan kerap dipandang sebagai pengeluaran yang tak perlu. Apalagi perusahaan sudah punya unit personalia yang seharusnya mampu melaksanakan itu semua.

Apakah pengeluaran macam ini benar merupakan komponen cost, sebenarnyabisa diperdebatkan. Toh, bila pengeluaran seperti ini meng-hasilkan pemecahan permasalahan yang lantas meningkatkan produktivitas, bisa saja lantas ia dimasukkan dalam anggaran sebagai investasi, sama seperti pengeluaran untuk pendidikan dan pelatihan karyawan, misalnya.

Penggunaan pihak profesional dari luar (konsultan sumberdaya manusia, misalnya) juga dapat dibenarkan berdasarkan pertimbangan obyektivitas. Apalagi bila memang hubungan manajemen-karyawan kurang harmonis, maka survei apa pun yang dikeluarkan oleh unit Personalia akan mudah di-“cap” oleh karyawan sebagai upaya mata-mata pihak manajemen. Hasilnya bisa nol besar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Suatu survei sikap umumnya mengukur tingkat “Setuju” dan “Tidak Setuju” terhadap berbagai aspek. Pertanyaan-pertanyaan menyoroti hal-hal seperti gaji, bonus, kondisi kerja, keyakinan akan kemampuan manajemen, berbagai kebijakan perusahaan, dan hal-hal serupa. Survei juga akan menyelidiki mengapa jawaban-jawaban tertentu muncul, sebagai upaya untuk mendeteksi masalah pokok.

Memang, survei memberikan gambaran mengenai masalah pokok apa saja yang dialami karyawan sehingga menimbulkan sikap tertentu dari mereka. Dan ini bisa dilakukan secara tajam untuk tingkat perusahaan secara keseluruhan, divisi, departemen, biro, sampai dengan tingkat unit kerja terkecil sekalipun. Untuk mengetahui penyebab-penyebab permasalahan secara khusus memang membutuhkan inspeksi lapangan. Mau-tidak-mau langkah inspeksi ini harus melibatkan manajemen karena keputusan-keputusan untuk mengatasi permasalahan tergantung sepenuhnya pada mereka.

Keputusan manajemen memang bisa sesuai saran atau malah berlawanan, tetapi adanya keputusan itu sendiri sudahlah berdasar informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Bagi perusa¬¨haan yang sering terhambat karena masalah-masalah “kronis”, ini jelas suatu langkah maju.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill dan leadership skills, silakan KLIK DISINI ).

Sumber : Majalah Eksekutif edisi Februari 1989

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!