Iklan dan Strategi Pemasaran

Upaya pemasaran memang bukan sekedar promosi atau memasang iklan. Pemasaran lebih luas dari itu. Namun ada rumus-rumus pengiklanan yang bisa efektif dipakai dalam aktivitas pemasaran.

Rumus apa yang bisa dipakai oleh perusa¬haan dalam aktivitas pemasasannya? Melontarkan pesan (promosi) dengan jangkauan luas berulang kali. Persis seperti iklan yang menghantam konsumen secara bertubi-tubi tiap hari. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran dan iklan, silakan KLIK DISINI ).

Dunia pengiklanan juga telah menunjukkan bahwa pembeli tak cukup didekati melalui satu jenis media tapi harus melalui aneka perantara. Pendekatan multi-media tidak saja dalam mengiklankan suatu produk tetapi dalam aktivitas pemasaran umumnya. Telah dibuktikan bahwa pengulangan melalui berbagai sarana bersifat menguatkan pesan itu sendiri. Berikut ini alasan-alasan mengapa Anda perlu. mengulang-ulang pesan pemasaran yang terkandung dalam aktivitas pemasaran perusahaan Anda.

1. Penerima pesan, entah pendengar atau pemirsa, bakal melupakan sekitar 80-90% dari pe¬san yang disampaikan. Hal yang wajar mengingat begitu banyaknya pesan atau rangsang-rangsang yang diterimanya sehari-harinya. Kompetisi tidak hanya dalam menjual produk tetapi juga dalam menyampaikan pesan mengenai produk itu sendiri. Semakin sering pesan An¬da mengenai sasaran, semakin besar kemung-kinannya untuk diingat … sambil melupakan pesan dari pesaing.

2. Sasaran pemasaran dan pasar itu sendiri senantiasa berubah. Karena kemajuan teknologi, karena mobilitas sosial, atau berbagai alasan lain, pasar yang hendak kita tembus tak pernah statis. Perubahan dalam pasar ini harus dikejar terus, bukannya ditunggu dengan pola pemasaran yang usang. Mengejar pasar berarti mengulang-ulang pesan-pesan dengan asumsi bahwa tiap penyampaian pesan kepada sasaran adalah untuk pertama kalinya. Tak ada kata “terlalu sering” dalam menyampaikan pesan pemasaran.

3. Jangan segan menguji gagasan baru.