Strategi Pemasaran Ponsel Nokia Strategi Pemasaran Yamaha

Strategi Pemasaran Toyota Avanza

Produk mobil Toyota Avanza termasuk produk mobil yang penjualannya tergolong sangat laris. Sejak diperkenalkan pada tabun 2004 lalu, produk ini setiap tahunnya selalu menjadi mobil dengan penjualan terbanyak dibanding merek lain. Lalu, faktor apa yang menyebabkan produk Toyota Avanza ini menjadi begitu fenomenal? (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran, silakan KLIK DISINI ).

Kalau dilihat dari sisi produk itu sendiri, mobil Avanza ini memang sangat pas dengan kebutuhan para keluarga di Indonesia yang menyukai mobil dengan kapasitas penumpangan yang banyak. Toyota Avanza memang didesain untuk mampu memuat tuju orang penumpang, dengan tiga baris kursi. Yang mengejutkan adalah, bahkan untuk barus jok paling belakangnya, tergolong cukup longgar sehingga penumpang belakang pun bisa duduk dengan nyaman. Bahkan kelonggaran jok belakang Avanza ini masih lebih baik dibanding Toyota Kijang Innova.

Selain itu mobil Avanza ini menggunakan mesin dengan cc yang relatif kecil yakni 1300 cc (dan juga 1500 cc) sehingga konsumsi BBM juga cenderung menjadi lebih irit. Dilihat dari desainnya, mobil Avanza ini juga memiliki bentuk yang cukup menarik. Desainnya elegan dan cukup keren untuk sebuah SUV mini.

Dan yang paling penting memang kisaran harganya yang relatif terjangkau. Mobil di Indonesia yang paling laris memang mobil dengan harga 100 – 150 jutaan kebawah. Inilah memang level yang bisa dijangkau oleh kebanyakan konsumen mobil di Indonesia. Dulu ketika pertama kali diperkenalkan, harga Avanza tipe G sekitar 100 juta; sehingga menjadi produk yang laris manis seperti kacang goreng.

Kini sejalan dengan waktu, harga toyota Avanza memang terus meningkat. Terakhir untuk yang tipe G harganya sudah mencapai sekitar 145 jutaan. Atau naik cukup signifikan dibanding harga empat tahun lalu. Hal ini mungkin karena mesinnya sudah menggunakan teknologi yang lebih modern, yakni mesin VVTI.

Meski harga sudah relatif mahal, mobil Toyota Avanza ini terus diburu oleh para konsumen Indonesia. Sebab harga jual kembali (resale value) Toyota Avanza ini memang sangat bagus. Bahkan adakalanya pembeli bisa meraih keuntungan ketika mereka menjual kembali mobil Avanza ini.

Leave a Reply

RP Bawah