3 Prinsip untuk Sukses Menjalankan Bisnis Online

Kegiatan bisnis secara online merupakan salah satu pilihan yang menarik. Sebab dari segi biaya, ia menawarkan alternatif yang bagus. Seperti misalnya, kita tidak perlu menyewa toko yang kadang mahal biaya sewanya. Demikian juga kita mungkin tidak perlu banyak melakukan kegiatan transportasi; sebab bisnis itu bisa dijalankan dari rumah sepanjang kita memiliki koneksi internet yang bagus dan cepat.

Meski demikian, proses menjalankan bisnis online juga tidak semudah yang dibayangkan. Disini tetap banyak prinsip bisnins umum yang harus diterapkan supaya kita bisa meraih sukses. Berikut 3 prinsip utama yang harus diperhatikan untuk bisa menjalankan bisnis online secara sukses.

Prinsip yang pertama tentu saja adalah mutu dan keunikan produk yang akan kita jual. Apa saja keunggulan utama produk yang akan kita jual? Salah satu contoh produk menarik yang dijual secara online adalah apa yang ditawarkan oleh bisniskaos.com. Disini, ditawarkan produk dengan beragam pilihan teks yang unik dan lain daripada yang lain (silakan datang ke web store mereka DISINI untuk melihat contoh produk yang mereka tawarkan).

Pertanyaan berikutnya, adalah apakah ada demand yang kuat untuk produk yang akan kita jual? Pilihan produk yang akan kita jual tentu beragam. Meski demikian, ada sejumlah pengamatan yang menunjukkan adanya ragam produk yang relatif sukses dijual secara online. Produk ini antara lain adalah apparrel/garmen (busana/kaos dan sejenisnya), buku (baik buku cetak ataupun ebook), barang elektronik, dan produk-produk kesehatan.

Prinsip yang kedua adalah membangun online store yang menarik, elegan dan sekaligus simple (user friendly). Website yang dengan desain yang ciamik tentu akan mengundang selera pengunjung. Contoh online yang menarik misalnya adalah bhinneka.com ataupun pasarbatik.com. Selain menarik, yang tak kalah penting adalah situs kita mesti harus mudah dijelajahi. Ini artinya harus user friendly.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Banyak online store yang acak-acakan dan, kadang sulit untuk dijelajahi. Misal kita bingung dimana menu navigasinya. Ataupun bagaimana mencari katalog barangnya. Banyak juga online store yang memasa foto produknya sangat kecil dan cuman satu pilihan (!) sehingga tidak mengundang selera pengunjung untuk membeli. Sudah itu, proses pemesanan produknya pun sangat ribet (bisa meliputi 10 langkah!). Aduh capek deh. Kalau bisa sih proses pemesanan barang hanyak melibatkan satu atau dua klik, selesai. Ini yang namanya user friendly.

Prinsip ketiga atau yang terakhir adalah PROMOSI. Banyak orang menyangka bahwa setelah membuat web store, para pengunjung akan datang dengan sendirinya. Ini tentu salah besar. Tanpa dipromosikan, orang tidak akan mengenal web Anda, dan mungkin setiap hari hanya ada dikunjungi oleh 3 orang (Anda sendiri, adik, dan sepupu….hehehehe).

Promosi bisa dilakukan secara gratis, misal melalui milis-milis. Meski haram melakukan spamming atau memasang posting promosi secara serampangan. Selain melalui milis, bisa juga dilakukan dengan cara mempromosikan web kita melalui layanan iklan gratis yang kini banyak bermunculan di atanah air.

Tentu saja, kita juga harus berusaha agar nama web kita bisa selalu muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Bagaimana cara agar kita web kita bisa nangkring di peringkat pertama Google? Banyak cara. Misal melakukan tukar menukar link (link exchange) dengan web atau blog lain. Karena dimata Google, sebuah web yang di-link oleh banyak web lainnya dianggap memiliki kekuatan yang lebih bagus; sehingga lebih punya potensi untuk muncul di halaman pertama pencarian Google.

Kita juga bisa melakukannya dengan cara menulis konten yang berkaitan dengan produk yang kita jual. Misal kita menaruh menu “Artikel” dalam web store kita dimana isinya informasi, berita atau narasi tentang beragam hal yang relevan dengan produk yang kita jual. Di mata Google, web yang konten teks-nya banyak cenderung dihargai lebih besar. Dan ini tentu membuat peluang kita untuk tampil di halaman pertama Google makin besar.

Dan jangan lupa, pilihan nama domain. Sebaiknya nama domain yang kita gunakan relevan dengan produk yang akan kita jual. Contohnya adalah www.bisniskaos.com. Karena web ini berjualan kaos, maka mereka memilini nama domain dengan nama kaos. Kenapa harus begini? Sebab ketika orang mengetik kata “kaos” dalam Google, web kita bisa punya kekuatan untuk tampil di halaman pertama. Sebab bagi Google, nama web kita memiliki suku kata yang sama persis dengan kata “Kaos” yang dicari orang.

Selain melalui cara-cara gratis, baik melalui milis ataupun mesin pencari Google, ada baiknya kita juga mengalokasikan anggaran untuk iklan. Kita bisa melakukan pemasangan iklan melalui layanan Adwords Google. Disini tarifnya per klik, dimana biaya setiap klik berkisar antara Rp 300 – Rp 1000-an. Artinya Google, hanya akan mencharge kita setiap pengunjung melakukan klik atas iklan yang kita pasang di situs hasil pencarian Google. Jika dalam sehari, ada 100 orang yang mengklik iklan kita, dan tarif tiap klik adalah Rp 500,- maka biaya iklan sehari yang harus kita keluarkan adalah Rp 50,000,-. Selain di Google, kita juga bisa memasang iklan di Detik.com, dimana tarif minimalnya adalah Rp 250 ribu.

Demikianlah tiga prinsip utama yang harus kita lakukan agar kita bisa menjalankan bisnis online kita dengan sukses.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!