Mengembangkan Ketrampilan Menjual – Selling Skills

Pintar ngecap dan lincah, sepatu mengkilat, sneyum ramah serta sikap mendesak, bukan lagi dianggap hal yang penting dalam seni menjual. Para spesialis yang mengajarkan teknik menjual (salesmanship) kini lebih menekankan teknik pendekatan cara lain: Seorang salesman memperlakukan langganan atau calon langganan bagaikan teman atau saudara, serta lebih banyak mendengar ketimbang berbicara. Tampaknya teknik ini lebih berhasil.

Untuk sukses dalam bisnis, yang dibutuhkan sebenarnya hanya satu, yaitu pembeli atau konsumen. Teknologi, gedung mewah, neraca, dan segala elemen lain yang dianggap perlu bagi suatu bisnis tidak akan ada artinya kalau tidak ada yang bersedia membayar produk atau jasa yang dihasilkan. Jelasnya, segala upaya harus mendukung tema sentral konsumen.

Sekarang timbul pertanyaan, sebe-rapa besar pengetahuan Anda tentang konsumen Anda? Mengapa mereka membeli dan Anda? Dan apakah Anda memanfaatkan sales meeting sebagai sarana informasi, atau apakah manajemen bisa memanfaatkannya sebagai kesempatan mendapatkan informasi pasar dari orang lapangan? (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang marketing dan selling skills,