Mengapa Karyawan yang Absen Tinggi?

Di sejumlah perusahaan, ketidakhadiran karyawan (karyawan absen) ternyata masih merupakan masalah yang cukup pelik. Hal ini ditandai dengan tingkat absen yang relatif tinggi dari para karyawannya. Hal ini tentu akan sangat mengurangi produktivitas karyawan, dan pada gilirannnya juga memberikan dampak kurang menguntungkan bagi perusahaan. (Slide presentasi bagus tentang HR management, bisa Anda lihat DISINI ).

Untuk mengatasi problem absen yang tinggi ini kita seyogyanya melihat lebih dulu mengapa absen tinggi – apakah karena sakit (dengan bukti otentik dari dokter yang dirujuk) atau karena mangkir. Jika benar-benar sakit (dan ini dapat dibuktikan secara otentik), maka mesti dilihat mengapa tingkat absensi karena alasan kesehatan karyawan di perusahaan Anda tinggi.

Apakah hal ini disebabkan lingkungan kerja yang tidak sehat sehingga menimbulkan banyak gangguan kesehatan bagi para karyawannya. Apakah perusahaan Anda sudah memiliki program kesehatan yang baik – semacam senam atau olahraga yang dilakukan secara teratur? Jawaban dari pertanyaan ini akan dapat memberikan informasi mengenai solusi apa yang paling tepat untuk dilakukan.

Sebagai misal ada kasus dimana tingkat absensi karyawan sangat tinggi karena banyak karyawan yang sering sakit. Setelah diselidiki hal ini disebabkan udara kantor yang sirkulasinya buruk sehingga membuat para karyawan sering sakit dalam pernafasannya. Solusinya adalah membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik sehingga udara menjadi lebih segar dan membuat karyawan menjadi lebih sehat.

Pada sisi lain, kita juga perlu tahu apakah asbensi ini ternyata memang disebabkan mangkir, atau absen tanpa alasan. Kalau ternyata tingkat absensi diperusahaan Anda tinggi karena alasan mangkir, maka cara yang cukup efektif dalam kondisi diatas adalah menegakkan peraturan perusahaan secara konsisten dan penuh ketegasan.

Kalau Anda belum memiliki, maka sebaiknya segera disusun, dan didalamnya termuat berbagai kebijakan dan peraturan perusahaan yang mesti dipatuhi segenap karyawan, termasuk diantaranya adalah mengenai peraturan absensi karyawan.

Lazimnya, dalam peraturan perusahaan dimuat aturan mengenai absensi yang disebabkan kemangkiran. Misalnya, jika melakukan mangkir satu kali tanpa pemberitahuan maka akan dikenakan Surat Peringatan I, lalu jika dua kali mangkir tanpa alasan akan dikenakan SP II, dst. Dalam aturan ini juga bisa disebutkan bahwa absen yang diijinkan adalah karena sakit atau alasan keluarga yang darurat (misal ada kematian dalam lingkungan keluarganya). Selan alasan itu, maka dianggap mangkir tanpa alasan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Setelah peraturan perusahaan itu disusun dan disosialisasikan, maka tinggal dilaksanakan dengan tegas dan konsisten. Enforcement semacam ini perlu dilakukan untuk dapat menegakkan disiplin dan produktivitas karyawan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!