Kepuasan Kerja Karyawan - Employee Satisfaction Manajemen Konflik - Cara Mengelola Konflik

Membangun Teamwork yang Solid

Kekuatan kerjasama kelompok (tim/group kerja) dan kinerja kelompok akan tergantung pada lima elemen berikut, yakni yang pertama adalah Goal Clarity: Apakah tujuan dan sasaran kerja tim/group telah dipahami secara jelas oleh semua anggota?. Kedua, Task Structure: Bagaimana tugas dan tanggungjawab didesain dan dialokasikan kepada para anggotanya. Yang ketiga adalah Team Functioning : Bagaimana kerjasama dan interaksi antar anggota tim difungsikan untuk mencapai tujuan tim/group?

Elemen yang berikutnya adalah Team Norms: Apa nilai dan norma-norma yang dianut oleh para anggota tim dalam proses bekerjanya? Elemen yang terakhir adalah Team Composition : Bagaimana komposisi para anggotanya — baik dari segi ketrampilan, kepribadian dan segi demografisnya? (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang sangat bagus tentang management skills, silakan KLIK DISINI ).

Untuk dapat melakukan analisa kualitas kelompok secara optimal, kita dapat melakukan eksplorasi terhadap beragam pertanayaan berikut :
• Bagaimana tujuan dan sasaran Tim atau Unit Kerja Anda didesain dan dikomunikasikan? Apakah tujuan tim telah dipahami oleh semua anggota tim?
• Bagaimana tugas dalam tim Anda dikelola dan diorganisasikan?
• Bagaimana tim Anda menjalankan fungsinya guna mencapai sasaran tim?
• Bagaimana komposisi anggota Tim Anda, dilihat dari segi latar pendidikan dan pengalaman?
• Norma-norma dan nilai seperti apakah yang dianut oleh tim Anda?

Leave a Reply

RP Bawah