Memasang Iklan di Facebook Indonesia

Kini masyarakat di tanah air tengah demam Facebook. Pertumbuhan pengguna Facebook ditanah air memang sangat pesat. Tahun 2008 lalu misalnya, angka users/member/pengguna Facebook di tanah air tumbuh sebanyak lima kali lipat menjadi sekitar 2 jutaan. Pada tahun 2009 ini, mereka memiliki target pertumbuhan sekitar 4 kali (atau 400%).

Dibalik maraknya pengguna Facebook yang kian meningkat dengan pesat, ada peluang bisnis dibaliknya. Peluang ini adalah dengan melakukan pemasangan iklan untuk bisnis online kita. Cara untuk bisa memasang iklan di Facebook ternyata sangat mudah dan yang penting, harganya relatif murah.

Langkah Melakukan Pemasangan Iklan Di Facebook

Langkah pertama yang perlu dilakuan untuk bisa memasang iklan banner di Facebook adalah dengan menciptakan materi iklan. Dalam hal ini, kita diberi ruang untuk menampilkan iklan kita dalam bentuk gambar plus teks. Sebagai ilustrasi mari kita gunakan kios www.bisniskaos.com sebagai studi kasus (silakan klik DISINI untuk melihat toko kaos online yang menjual beragam kaos Facebook, kaos MU, dan kaos Google ini).

Misalkan bisniskaos.com menciptakan materi iklan sbb : menyiapkan gambar berupa gambar kaos Facebook. Kemudian dilengkapi dengan kata-kata : “Kaos Facebook Keren. Harga Grosir”. Besar gambar dan panjang kalimat sudah ditentukan oleh Facebook. Setelah disetujui oleh pihak Facebook, maka iklan ini akan ditampilkan pada setiap halaman di Facebook (kalau Anda user Facebook, Anda bisa melihat iklan pada sebelah kanan layar).

Besarnya biaya pemasangan berdasar klik. Artinya kita hanya akan membayar jika iklan kita itu di-klik oleh pengunjung Facebook. Disini biaya minimal yang bisa ditawarkan Facebook adalah Rp 200 per klik (sebuah harga yang relatif murah). Selanjutnya, kita juga bebas menentukan anggaran iklan yang ingin kita gunakan secara harian. Misal kita bisa mematok anggaran sebesar Rp 10,000 atau Rp 30,000 per hari untuk iklan di Facebook.

Sebagai contoh kita menetapkan anggaran harian sebesar Rp 20,000 per hari. Maka jika biaya per klik adalah Rp 200 per klik, maka kita akan mendapatkan pengunjung sekitar 100 orang dari Facebook (Rp 20 ribu dibagi Rp 200).

Situs RajaPresentasi.com sendiri sering melakuka pemasangan iklan di Facebook. Dari pengalaman selama ini, pemasangan iklan di Facebook ini cukup efektif. Artinya dari ratusan pengunjung yang dari dari iklan di Facebook kemudian beberapa diantara benar-benar melakukan pembelian produk yang kami tawarkan (yakni berupa slide presentasi mengenai manajemen dan bisnis; produk kami bisa Anda lihat DISINI).

Dilihat dari sisi harga, memang biaya pemasangan di Facebook ini relatif terjangkau. Dan enaknya, kita bisa bebas menentukan anggaran iklan sesuai budget yang kita punya. Layanan iklan dari Facebook ini tentu saja merupakan salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan sebagai media promosi web bisnis online kita.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!