Memanfaatkan Blog untuk Mencari Uang Tambahan

Sejauh ini telah banyak orang yang memiliki blog. Namun sayangnya mayoritas blog itu baru berisikan narasi personal dan belum dimanfaatkan sebagai salah satu peluang untuk meraup penghasilan tambahan. Padahal, blog memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan sebagai salah satu tambang penghasilan.

Pada dasarnya, terdapat 4 cara utama yang dapat dilakukan untuk menjadikan blog sebagai tempat mencari uang tambahan.

Cara yang pertama adalah dengan : memasang iklan pada blog. Iklan sendiri dapat dikategorikan dalam dua jenis : yakni iklan berdasar klik dan iklan banner. Untuk iklan klik atau pay per click, kini banyak layanan iklan lokal yang memanfaatkan blog sebagai media pemasangan; seperti kliksaya.com ataupun kumpulblogger.com. Sementara untuk blog bahasa Inggris, kita bisa memanfaatkan layanan Adsense dari Google.

Jenis iklan kedua adalah dengan menyediakan ruang untuk memasang iklan banner. Pemasang iklan banner bisa dari produsen usaha kelas menengah/kecil ataupun dari produsen besar. Iklan banner ini adalah seperti yang biasa kita lihat pada Detik.com ataupun media online lainnya.

Cara meraih uang kedua adalah dengan jalan memberikan review berbayar (paid review). Layanan ini mengharuskan blogger menuliskan review positif (bisa juga reviewn yang obyektif) tentang sebuah produk/jasa dari pihak pemasang iklan. Review berupa tulisan sepanjang 300-an kata dan isinya menjelaskan tentang fitur-fitur produk yang tengah ditulis. Atas penulisan review ini, blogger kemudian mendapat imbalan tertentu sesuai kesepakatan. Saat ini telah terdapat layanan lokal yang menjembatani proses pembuatan review ini, yakni antara pihak pemasang revie dan pihak blogger. Layanan itu adalah reviewmu.com.

Cara yang ketiga adalah dengan memanfaatkan blog sebagai media branding. Cara ini biasanya dilakukan oleh konsultan, trainer atau seorang ahli dalam bidang tertentu. Dalam hal ini, kemudian sang blogger banyak menuliskan berbagai analisa masalah yang sesuai keahliannya. Dengan cara ini diharapkan kredibilitas keahlian blogger akan kian meningkat; dan selanjutnya dari sini, ia bisa mendapatkan banyak order jasa konsultasi yang berkaitan dengan keahliannya. Contoh blogger yang melakukan cara ketiga ini adalah www.strategimanajemen.net

Cara keempat adalah dengan memanfaatkan blog untuk berjualan produk – entah produk ini berupa baju, sepatu, kaos, buku, pulsa elektronik, obat herbal atau lainnya. Jadi disini, blog dimanfaatkan sebagai toko online atau online store. Contoh blog yang dimanfaatkan sebagai tempat untuk berjualan secara online ini misalnya bisa dilihat pada www.bisniskaos.com. (Jika Anda ingin mendapatkan kaos Facebook, kaos Manchester United, dan kaos keren lainnya, silakan kunjungi www.bisniskaos.com).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Demikianlah empat cara yang bisa dilakukan untuk meraup uang dari blog. Mungkin kini saatnya kita tidak sekedar main Facebook doang; namun seharusnya bisa mencari tambahan penghasilan melalui internet ataupun blog.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!