Metode untuk Perencanaan SDM (Manpower Planning) Ketrampilan Komunikasi yang Efektif

Inovasi dan Peta Persaingan dalam SmartPhone

Demam masyarakat kota besar di Indonesia akan produk Blackberry tentu merupakan bukti keberhasilan produk ciptaan dari RIMM asal Kanada itu. Dengan seri Bold ataupun Curve, produk smartphone ini laris manis diserbu para pelanggan.

Keberhasilan Blackberry (atau sering disingkat menjadi BB) ini lagsung menggeser kejayaan ponsel pintar besutan Nokia dengan seri Communicator-nya. Dengan kehadiran BB ini, terkesan seri Communicator menjadi ponsel jadul. Beruntung Nokia lanngsung merespon dengan mengeluarkan seri E dan seri N untuk melengkapi jajaran ponsel pintarnya.

Kasus diatas dengan segera menunjukkan betapa sengitnya persaingan produk ponsel, terutama untuk ponsel pintar atau smartphone. Dulu yang sangat berkuasa adalah Nokia Communicator. Selain itu kita dulu juga mengenal produk smart phone dari Palm dengan seri Treo ataupun juga PDA keluaran O2 yang pernah populer; serta seri Dopod yang sempat mencuri perhatian.

Namun kini merek-merek itu seperti tenggelam dibalik keberhasilan produk BB. Treo bahkan seperti hilang ditelan angin. Produk O2 juga kewalahan menghadapi gempuran BB. Dan kini BB sendiri harus bersiap-siap menahan serbuan dari ponsel pintar iPhone dari Apple yang dilucurkan oleh Telkomsel.

Dinamika persaingan diatas menenujukkan betapa kecepatan dalam melakukan inovasi perusakan syarat mutlak untuk memenangkan hati pelanggan. Treo sekarang gagal karena dia lamban melakukan inovasi. Demikian pula O2. Motorola juga sekarang makin ketinggalan. Motorola mengalami kegagalan karena inovasinya juga kalah cepat. Beruntung Nokia cepat melakukan reaksi dengan meluncurkan seri N yang relatif bagus diterima oleh pasar.

Kekuatan inovasi ini tentu saja memang harus didukung oleh tim R&D yang kuat. Tanpa tim riset dan pengembangan yang kokoh, maka perusahaan akan gagal merespon kecepatan inovasi yang dilakukan oleh para pesaing.

Disini kita melihat bahwa salah aspek dalam pemasaran, yakni aspek produk merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. Dan untuk menghasilkan produk yang berkelas dan modelnya selalu baru dan trendi, itu tentu membutuhkan tim R&D yang kuat dan didukung dengan kultur inovasi yang hebat.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang marketing strategy dan marketing management, silakan KLIK DISINI ).

Leave a Reply

Dapatkan secara gratis ebook - PANDUAN menjadi ENTREPRENEUR SUKSES DISINI.