HR Tranformation di Pertamina

Pertamina sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dituntut untuk terus berkembang mengikuti perkembangan pasar. Untuk itulah Pertamina melakukan program transformasi mengubah Pertamina selangkah demi selangkah menjadi lebih baik.

Transformasi dilaksanakan dengan tujuan yang mulia. Menjadikan Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional kelas dunia. Sehingga kedepannya Pertamina dapat disejajarkan dengan perusahaan minyak dunia lainnya yang telah lebih dahulu berkembang dan menjadi kelas dunia.

Cita-cita luhur ini, tentunya harus didukung oleh seluruh bagian dan direktorat yang ada, serta seluruh pekerja pastinya. Karena tujuan perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya dukungan dari semua pihak terutama pihak internalnya pekerjanya. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang employee satisfaction, silakan KLIK DISINI ).

Pekerja sebagai ujung tombak suatu perusahaan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Menjadikan Pertamina sebagai Perusahaan Minyak Nasional Kelas Dunia berarti menjadikan pekerja Pertamina sebagai pekerja kelas dunia pula. Sehingga HR sebagai fungsi yang menangani sumber daya tnanusia pun harus memiliki program-program transformasi untuk membantu menyelaraskan kondisi pekerja dengan program transformasi yang sedang dilaksanakan oleh perusahaan.

Dimulai pada tahun 2008 lalu, program HR Transformation telah memiliki cukup banyak program. Di tahun 2008 lalu, empat belas (14) program telah mulai digaungkan dan masih tetap berjalan hingga saat ini. Program-program ini keseluruhannya berhubungan dengan program pengembangan tenaga kerja di Pertamina, baik untuk peningkatan mutu pekerja maupun penambahan jumlah pekerja baru untuk mengisi posisi-posisi yang ada. Selain itu, program-program ini juga ditujukan untuk mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan dan membangun system baru yang pastinya akan dibutuhkan oleh perusahaan dalam program transformasi yang sedang berjalan ini.

Di tahun 2009 ini, tiga belas (13) program baru telah pula mulai dilaksanakan. Keseluruhan program tetap merujuk kepada proses membantu membentuk pekerja Pertamina sebagai pekerja kelas dunia seiring dengan kebutuhan perusahaan dalam proses transformasi menuju Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional kelas dunia.

Keseluruhan program yang telah dipersiapkan oleh dm HR transformation dijalankan oleh team leader yang berasal dari beberapa fungsi di lingkungan Direktorat Umum & SDM, yaitu fungsi SDM korporat, direktorat, dan PT PEP. Selain itu ada pula team leader yang berasal dari fungsi Pertamina Learning Center (PLC) dan fungsi transformasi. Sedangkan untuk team member, keseluruhannya berasal dari dari sebagian besar fungsi SDM baik di korporat, Direktorat dan PLC.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Team leader dan team member dalam program HR transformation ini merupakan kendaraan dari keseluruhan program yang dijalankan. Ujung tombak kesuksesan serta pihak yang akan menikmati keseluruhan program adalah pekerja. Untuk itulah peran aktif pekerja sangat dibutuhkan dalam menjalankan program-program ini. Mari bersama menjalankan program HR Transformation — menjadikan pekerja Pertamina sebagai pekerja kelas dunia untuk mewujudkan Pertamina Perusahaan Minyak nasional Kelas Dunia.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang HR strategy, silakan KLIK DISINI ).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!