Conversion Rate : Kunci untuk Meraih Sukses dalam Bisnis Online

Salah satu kunci untuk meraih profit yang konsisten dari kegiatan bisnis online adalah apa yang disebut conversion rate atau sering disingkat menjadi CR. Conversion rate pada dasarnya merupakan angka persentase jumlah visitor/pengunjung pada web bisnis online kita yang kemudian benar-benar melakukan transaksi.

Sebagai contoh, jika pengunjung web bisnis online kita pada satu hari tertentu adalah 200 orang visitor, dan pada hari itu kemudian kita bisa mendapat 20 transaksi, maka conversion rate kita adalah sebesar 10 % (20/200 * 100). Atau jika kita mendapatkan transaksi sebesar 10 kali, maka conversion rate kita adalah 5 % (10/200 *100).

Lebih jauh, terdapat tiga aspek kunci yang harus diperhatikan jika kita ingin meningkatkan penjualan produk yang kita tawarkan melalui web bisnis online kita.

Aspek yang pertama tentu saja adalah jumlah pengunjung (visitors). Kita bisa melihat data statistik visitor harian kita melalui Google Analytics ataupun tools lain seperti Awstat. Berapa rata-rata pengunjung harian web kita. Banyak cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung; mulai dari memasang iklan pada layanan gratis, hingga memasang iklan di Detik Adpoint atau Facebook. Semakin banyak pengunjung, semakin besar peluang produk kita akan terbeli dalam jumlah besar.

Berapa jumlah minimal pengunjung supaya produk kita bisa mulai laku? Tak ada patokan disini, namun dari pengalaman, setidaknya kita mesti memiliki jumlah pengunjung MINIMAL 100 visitor per hari agar produk kita bisa mulai laku. Ini pun dengan catatan produk yang kita jual memang memiliki keunikan; seperti apa yang ditawarkan oleh www.bisniskaos.com. Web ini menjual produk kaos unik dengan desain Facebook, Manchester United, Google, dan lain-lain.

Namun jumlah pengunjung saja tidak cukup. Yang tidak kalah penting adalah aspek kedua, yakni conversion rate tadi. Sebab jika rata-rata visitor web Anda per hari adalah 1000 visitors namun conversion rate-nya hanya 0,2 %, maka kita hanya akan mendapatkan transaksi sebanyak dua kali saja ! (0.2% x 1000 = 2 kali).

Sebaliknya, jumlah visitor web bisnis online kita mungkin hanya sekitar 200 orang per hari; namun kita memiliki conversion rate hingga 3 %, maka kita bisa mendapatkan 6 kali transaksi per harinya (3 % x 200 = 6 kali).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Berapa rata-rata conversion rate dari bisnis online? Dari sejumlah data yang ada terlihat bahwa rata-rata conversion rata berkisar antara 1% hingga 3%. Artinya jika pengunjung web bisnis online setiap harinya hanya 100 visitor, maka kita hanya akan mendapatkan transaksi sekitar 1 – 3 kali saja per harinya. Tentu saja akan lebih banyak transaksi yang bisa kita dapatkan, jika web bisnis kita dikunjungi hingga 500 atau bahkan 700 orang per harinya.

Aspek ketiga yang juga layak diperhatikan adalah nilai belanja per transaksi. Oke tadi kita sudah membahas mengenai jumlah transaski per hari. Nah berikutnya kita juga mesti perhatikan nilai rupiah per transaksinya. Sebagai misal meskipun kita hanya mendapatkan 3 transaski per hari, namun kalau jumlah pembelian per transaksinya adalah Rp 500 ribu; maka setiap hari kita bisa mendapat penjualan sebesar Rp 1,5 juta (atau Rp 45 juta setiap bulannya).

Sebaliknya, kalau nilai rupiah yang dibelanjakan oleh visitor kita hanya Rp 30 ribu per transaskinya, maka kalau setiap hari kita hanya mendapat 3 kali transaski, maka total penjualan kita setiap harinya hanya Rp 90 ribu saja.

Nah, bagaimana cara meningkatkan nilai rupiah per transaksi. Ini bisa dilakukan dengan cara mendorong visitor untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar. Sebagai misal harga produk kaos di www.bisniskaos.com adalah Rp 49,000,- per potong. Namun jika Anda melakukan pembelian sebanyak 6 potong ke atas, maka harganya menjadi hanya Rp 39,000 per potong. Dengan demikian visitor didorong untuk melakukan pembelian dalam partai besar (grosir). Dengan cara seperti ini, maka kita bisa mendapatkan nilai belanja yang relatif besar per transaksinya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!