Mengapa Karyawan yang Absen Tinggi? Survei Kepuasan Karyawan

Analisa Persaingan Honda CRV, Suzuki Grand Vitara, Nissan Xtrail dan Toyota Fortuner

Dalam pasar SUV premium di tanah air, produk Honda CRV tergolong merupakan pemimpin pasar. Produk ini memiliki persaingan yang cukup ketat dengan Nissan Xtrail keluaran Nissan, dan juga produk Suzuki Grand Vitara, Toyota Fortuner ataupun Ford Escape.

Pada athun 2004, penguasa pangsa pasar SUV premium sempat diambil alhi oleh Nissan Xtrail yang sukses besar. Namun semenjak itu produk Honda CRV seperti tidak tertahankan. Dan laju penjualan mereka kian jauh meninggalkan pesaingnya, ketika Honda mengeluarkan varian baru baru berupa All New CRV.

Kekuatan yang membuat produk CRV unggul di pasar mobil SUV Indonesia tentu saja adalah nama besar Honda dibelakangnya. Bagaimana di tanah air, Honda termasyukk produsen mobil yang disegani dengan beragam produk legendaris seperti Honda Civic dan Honda Accord.

Honda selama ini dikenal sebagai produsen mobil dengan desain yang bagus. Dan CRV adalah salah satu perwujudan dari desaon yang unggul itu. Apalagi bentuk CRV baru yang modelnya benar-benar keren; dan membuat produk para pesaingnya seperti ketinggalan zaman. Dari kacamata pemasaran, Honda CRV memiliki keunggulan yang sangat bagus dalam aspek produk, utamanya desain produk. Selain itu, fitur mesin yang handal dan jaminan harga jual kembali yang kuat membuat Honda CRV menjadi pilihan banyak konsumen SUV di tanah air.

Sebenarnya para pesaingnya juga memiliki model yang keren. Ambil misal Xtrail dari Nissan. Produk SUV mereka juga mencerminkan tampilan yang gagah. Sayang model baru mereka hanya merupakan facelift (atau perubahan minor) dibanding model terdahulunya. Tidak ada perubahan model yang fundamental. Hal ini tentu berbeda dengan CRV yang model barunya benar-benar beda dengan model lama, dan tampilannya makin keren.

Demikian juga, Toyota Fortuner yang menyandang nama besar Toyota belum mampu menggoyahkan kejayaan Honda CRV. Model yang terlalu bongsor dan cenderung konvensional membuat Toyota Fortuner agak kewalahan menahan laju CRV. Kalau saja pihak Toyota mau mengeluarkan model SUV yang sekelas, semisal yang sekelas Toyota Rava tapi dengan model yang lebih menarik, mungkin mereka bisa mengalahkan Honda CRV.

Produk Suzuki Grand Vitara yang digadang-gadang bisa mencuri pangsa pasar Honda CRV juga tidak begitu sukses. Modelnya yang cenderung kaku, dan bensinnya yang sangat boros membuat produk ini kalah penjualannya dibanding CRV – meski harga CRV lebih mahal.

Jadi dapat disimpulkan bahwa hingga beberapa tahun kedepan produk Honda CRV masih akan merajai pasar SUV di tanah air. Kecuali Nissan mau mengeluarkan varian dan model baru yang keren. Ataupun jika Toyota mengeluarkan varian baru untuk menggantikan Fortuner. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang marketing strategy, silakan KLIK DISINI ).

Leave a Reply

RP Bawah