Tahapan dalam Membangun Manajemen Pengetahuan

Siklus atau aliran pengetahuan terdiri dari lima fase, yakni 1) fase akuisisi; 2) fase penciptaan 3) fase penyimpanan; 4) fase pemindahan pengetahuan dan 5) fase penggunaan pengetahuan.

Fase akuisisi merupakan proses untuk mendapatkan dan mengumpulkan koleksi pengetahuan yang sudah ada. Sumber untuk mendapatkan pengetahuan ini adalah sumber internal, seperti: Dokumen kerja, SOP, Surat Edaran ataupun Laporan Projek. Sementara sumber eksternal dapat berupa : Laporan riset dari konsultan, Dokumen pelatihan/ pendidikan dari lembaga luar, Laporan benchmark atau studi banding ke perusahaan lain. Serta dari Majalah/Koran/Internet. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang Management Skills dan Business Strategy, silakan KLIK DISINI ).

Pada fase penciptaan pengetahuan kita berupaya untuk mengembangkan pengetahuan-pengetahuan baru. Hal ini antara lain dapat dilakukan dengan cara :
• Uji Coba (eksperimen); misalkan dengan melakukan uji coba alat meter baru yang berbasis digital.
• Penelitian dan pengembangan, misal melakukan proses pengembangan pembangkit listrik tenaga ombak laut.
• Systematic problem solving, misal dengan melakukan proses pemecahan masalah atas sebuah problem unik, misal bagaimana cara mengurangi losses.
• Action learning atau sebuah kegiatan yang mensinergikan antara kegiatan bekerja dengan proses belajar secara simultan.