Tahapan dalam Membangun Manajemen Pengetahuan

Siklus atau aliran pengetahuan terdiri dari lima fase, yakni 1) fase akuisisi; 2) fase penciptaan 3) fase penyimpanan; 4) fase pemindahan pengetahuan dan 5) fase penggunaan pengetahuan.

Fase akuisisi merupakan proses untuk mendapatkan dan mengumpulkan koleksi pengetahuan yang sudah ada. Sumber untuk mendapatkan pengetahuan ini adalah sumber internal, seperti: Dokumen kerja, SOP, Surat Edaran ataupun Laporan Projek. Sementara sumber eksternal dapat berupa : Laporan riset dari konsultan, Dokumen pelatihan/ pendidikan dari lembaga luar, Laporan benchmark atau studi banding ke perusahaan lain. Serta dari Majalah/Koran/Internet. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang Management Skills dan Business Strategy, silakan KLIK DISINI ).

Pada fase penciptaan pengetahuan kita berupaya untuk mengembangkan pengetahuan-pengetahuan baru. Hal ini antara lain dapat dilakukan dengan cara :
• Uji Coba (eksperimen); misalkan dengan melakukan uji coba alat meter baru yang berbasis digital.
• Penelitian dan pengembangan, misal melakukan proses pengembangan pembangkit listrik tenaga ombak laut.
• Systematic problem solving, misal dengan melakukan proses pemecahan masalah atas sebuah problem unik, misal bagaimana cara mengurangi losses.
• Action learning atau sebuah kegiatan yang mensinergikan antara kegiatan bekerja dengan proses belajar secara simultan.

Fase berikutnya adalah fase Sistem penyimpanan pengetahuan. Fase ini pada dasarnya adalah bagaimana kita menyimpan beragam informasi, data dan pengetahuan secara baik. Jenis penyimpanan pengetahuan bisa berupa :
• Data Keahlian Pegawai sehingga perusahaan bisa dengan cepat memetakan siapa yang harus dikontak ketika hendak melakukan sebuah inisiatif strategis.
• Kisah kegagalan dan keberhasilan dalam pelakansaan sebuah program atau projek tertentu. Dengan kisah ini diharapkan proses kerja akan menjadi lebih baik di masa mendatang.
• Laporan-laporan riset mengenai industri listrik baik dalam skala regional Asia ataupun dunia. Dengan beragam laporan ini maka pengetahuan kita akan beragam perkembangan terkini dalam industri listrik akan terus terasah.

Dalam fase penyimpanan ini terdapat sejumlah hal yang layak diperhatikan :
• Kategorisasi pengetahuan dilakukan secara jelas, dibedakan misalnya berdasar jenis kegunaan (contoh: laporan projek; SOP; atau hasil riset)
• Mampu memenuhi permintaan informasi secara cepat
• Isi pengetahuan selalu di-update, akurat, dan tersedia setiap waktu

Fase berikutnya dari siklus pengetahuan adalah fase pemindahan pengetahuan atau menyangkut dengan aktifitas pemindahan pengetahuan dari satu pihak ke pihak lain. Media pemindahan yang dapat digunakan adalah baik melalui kegiatan diskusi/ceramah tatap muka, melalui media cetak (buku, dokumen, kaporan) ataupun media digital (email, intranet, dan CD ROM).

Fase terakhir dalam siklus pengetahuan adalah fase aplikasi/penggunaan pengetahuan. Atau kegiatan yang berhubungan dengan aplikasi pengetahuan sampai pada proses bisnis, termasuk dalam tahap penggunaan pengetahuan. Contohnya adalah bagaimana pengetahuan tentang mekanisme kerja pembuatan ponsel dimanfaatkan dan digunakan sebagai basis untuk membangun pabrik ponsel di Indonesia.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang Management Skills dan Business Strategy, silakan KLIK DISINI ).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!