Mengelola Manajemen Pengetahuan

Jenis pengetahuann pada dasarnya bisa dibagi menjadi dua jenis utama, yakni yang pertama adalah Explicit Knowledge atau Pengetahuan yang bisa dijabarkan dengan kata-kata, atau rumus dan langsung dapat ditransfer secara lengkap kepada orang lain. Contoh : buku panduan teknik kelistrikan atau SOP pelayanan pelanggan atau buku pedoman proses rekrutmen, dll. (Slide presentasi yang sangat bagus tentang Change Management bisa Anda dapatkan DISINI ).

Jenis pengetahuan yang kedua adalah Tacit Knowledge atau pengetahuan yang susah dijabarkan dengan kata-kata, istilah gampangnya, apa yang ada di otak manusia susah untuk diucapkan di mulut. Contoh : pengetahuan seorang Koki atau pematung yang berdasar “pengalaman” dan “feeling”.

Kualitas tacit knowledge dipengaruhi oleh dua hal penting, yaitu: pertama faktor keragaman pengalaman individu. Jika pengalaman mereka dibatasi oleh rutinitas tugas, jumlah tacit knowledge yang diperoleh dari pengulangan dan rutinitas cenderung akan berkurang. Tugas rutin pada dasarnya mengurangi kemampuan berpikir kreatif seorang individu dalam membentuk pengetahuan baru.

Faktor kedua yang menentukan kualitas tacit knowledge individu adalah kecakapan sesorang untuk melakukan proses refleksi (pembatinan) atas segenap pengalaman yang diperolehnya. Melalui proses refleksi ini, seseorang akan mampu meramu pengalamannya sendiri menjadi sebuah pengetahuan tacit yang unik dan berharga. (Slide presentasi yang sangat bagus tentang Change Management bisa Anda dapatkan DISINI ).

banner 4

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!