Jenis Kenaikan Gaji Karyawan

Jenis kenaikan gaji karyawan ada dua macam yakni : 1) Kenaikan Gaji Secara UMUM atau Kenaikan ini berlaku atau diberikan untuk semua karyawan dari semua tingkatan. Besaran kenaikan gaji-nua juga biasanya sama; dan 2) Kenaikan Gaji secara Individual atau kenaikan yang diberlakukan secara unik atau berbeda-beda kepada setiap pegawai.

Keuntungan kenaikan gaji atau upah yang bersifat umum adalah sebagai berikut:
• Pekerja mendapat jaminan bahwa daya belinya akan terpelihara dan tidak perlu mengajukan permintaan atau tuntutan, apalagi tekanan.
• Karena kepastian tersebut, tidak akan terjadi ketegangan dalam hubungan antara pengusaha/pimpinan perusahaan dan pekerja/organisasi pekerja, dan waktu produktif tidak terbuang percuma untuk negosiasi yang tidak perlu
• Pengusaha akan dengan mudah memperhitungkan besarnya kenaikan upah yang perlu diberikan dan memasukkannya dalam anggaran tahunan perusahaan. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang bagus tentang manajemen karir, silakan KLIK DISINI ).

Kerugian kenaikan gaji yang bersifat UMUM:
• Kenaikan upah umum yang diberikan secara rutin akan mengakibatkan kenaikan biaya personel meningkat lebih pesat daripada kenaikan produktivitas. Dalam jangka panjang hal ini akan menjadi beban berat perusahaan.
• Kebiasaan kenaikan tersebut akhirnya akan dianggap menjadi “hak” oleh pekerja dan tetap harus diberikan oleh perusahaan bagaimanapun kondisi perusahaan.
• Dalam kondisi ekonomi yang dilanda inflasi tinggi perusahaan yang mempunyai kebiasaan ini akan dilanda kesulitan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!