Bisnis Distro Kaos : Bloop, Endorse dan Ouval Research Faktor Yang Mempengaruhi Proses Rekrutmen

Faktor Penentu Keberhasilan Manajemen Perubahan

Terdapat DUA faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan proses perubahan, yakni : 1. Karakteristik Organisasi dan 2. Karakteristik dari Perubahan itu Sendiri. Karakteristik Organisasi artinya adalah sejauh mana kesiapan organisasi itu untuk melaksanakan proses perubahan. Dalam hal ini kesiapan organisasi ditentukan oleh tiga aspek, yakni kesesuaian arah perubahan dengan jiwa organisasi, level dan dampak perubahan, serta ada atau tidak adanya serikat pekerja. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang manajemen perubahan, silakan KLIK DISINI ).

Mari kita membahas tiga elemen diatas secara lebih rinci. Kesesuaian artinya menunjukkan sejauh mana sebuah proses perubahan bersifat fit dengan strategi dan struktur organisasi; lingkungan yang ada; dan dinamika bisnis yang berlangsung. Semakin fit semakin baik. Sementara level dan dampak perubahan menunjukkan sejauh mana lebel atau derajat perubahan dalam lingkungan organisasi dan teknologi. Semakin tinggi derajat perubahan, semakin kompleks proses pelaksanaan perubahan.

Sedangkan faktor Serikat Pekerja merujuk pada kenyataan bahwa pelaksanaan perubahan mungkin lebih sulit dalam organisasi yang memiliki serikat pekerja yang kuat, terutama jika perubahan itu mempengaruhi masalah kontrak, seperti gaji, desain pekerjaan, dan fleksibilitas karyawan.

Karakteristik Program dan Agenda Perubahan
Sementara itu, karakteristik dari program perubahan atau rencana perubahan juga akan sangat menentukan keberhasilannya. Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan karakteristik proses perubahan ini, yakni:

Spesifikasi Tujuan
Menunjukkan sedetil apa tujuan perubahan telah didefenisikan – apakah sudah cukup detil atau masih terlalu luas.

Program
Hal ini melibatkan tingkatan dimana perubahan dapat diprogram atau tingkatan dimana karakteristik perubahan yang berbeda dapat dipetakan dengan jelas guna memungkinkan adanya sosialisasi, komitmen, dan alokasi penghargaan.

Target Perubahan
Menunjukkan target perubahan; apakah merupakan organisasi secara total atau hanya departemen atau kelompok kerja yang kecil.

Dukungan Internal
Merujuk pada sejauh mana terdapat dukungan internal bagi proses perubahan.

Sponsor
Merujuk pada keberadaan sponsor; apakah terdapat dukungan dari top manajemen untuk memulai dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung proses perubahan.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang manajemen perubahan, silakan KLIK DISINI )

Leave a Reply

Dapatkan secara gratis ebook - PANDUAN menjadi ENTREPRENEUR SUKSES DISINI.