Cara Menerapkan Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy adalah istilah dalam ilmu manajemen strategi yang merujuk pada siasat untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan menjangkau demand baru yang belum dipikirkan oleh para pesaing. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang sangat bagus tentang blue ocean strategy, silakan KLIK DISINI ).

Sebagai contoh, Apple dengan produk iPodnya. Dulu sebelum produk ini muncul hampir tidak ada pemain dalam industri musik digital. Semuanya bersaing dalam pasar tradisional, yakni pasar musik melalui kaset atau CD. Kemudian Apple menciptakan media iPod dan dengan itu mereka sukses menciptakan permintaan atau pasar baru; yakni pasar musik digital.

Esensi dari strategi blue ocean adalah mengidentifikasi dan mencari potensi pasar baru yang masih belum disadari oleh pemain lain. Dengan demikian suatu perusahaan bisa melenggang sendirian menguasai pasar itu; sebelum para pemain lain menyadarinya.

Untuk bisa melakukan strategi blue ocean secara baik maka kita bisa menggunakan apa yang disebut sebagai strategy cnavas. Alat ini pada dasarnya merupakan alat diagnostik untuk membangun strategi Blue Ocean. Alat ini membantu kita mengidentifikasi current state of play dan memungkinkan anda untuk memahami :
• Arah persaingan dalam industri
• Faktor-faktor yang sedang dipersaingkan dalam industri – baik mencakup aspek produksi dan pelayanan
• Apa yang diterima konsumen dari penawaran kompetitif yang ada di pasaran

Selain strategy canvas, kita bisa melakukan blue ocean strategy dengan menggunakan Four Action Framework. Aksi empat elemen ini merujuk pada hal berikut :

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

1. Eleminasi : Faktor (fitur) apa yang taken for granted, namun sebenarnya bisa dieliminasi? Dalam industry Anda, fitur apa yang sebenarnya tidak begitu penting namun karena kebiasaan, selalu ditawarkan kepada pelanggan.

2. Mengurangi : Faktor (fitur) apa yang sebaiknya dikurangi jauh di bawah standar industri? Dalam industri Anda, fitur apa yang sebaiknya dikurangi karena tidak memberikan value yang tinggi kepada pelanggan.

3. Meningkatkan : Faktor (fitur) apa yang sebaiknya ditingkatkan jauh di atas standar industri? Dalam industri Anda, fitur apa yang sebaiknya diberikan karena mampu memberikan value yang sangat tinggi kepada pelanggan; meski mungkin fitur ini sudah ditawarkan oleh para pesaing.

4. Menciptakan : Faktor (fitur) apa yang sebaiknya diciptakan yang belum pernah ditawarkan oleh industri? Dalam industri Anda, fitur baru apa yang sebaiknya diciptakan; fitur baru yang mampu memberikan value tinggi kepada pelanggan, dan selama ini belum pernah ditawarkan oleh pelanggan.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi yang sangat bagus tentang blue ocean strategy, silakan KLIK DISINI ).

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!