Fitur dan Efektivitas Memasang Iklan di Detik Adpoint

Bagi para pelaku bisnis online kelas kecil dan menengah, kini banyak alternatif media untuk memasang iklan dengan harga yang relatif terjangkau. Salah satu alternatif yang tersedia adalah layanan iklan banner dari Detik Adpoint.

Layanan Detik Adpoint merupakan layanan pemasangan iklan banner di Detik.com yang ditujukan untuk usaha kecil dan menengah. Ukuran banner yang ditentukan oleh Detik adalah sebesar panjang 300 x lebar 60 pixel. Untuk memasang banner di Detik kita harus menyerahkan deposit minimal Rp 250,000,-.

Selanjutnya, uang itu bisa kita pakai untuk memasang banner iklan tersebut di jaringan Detik – misal di detiknews, detikfinance, detikhot, detiksurabaya, dll. Biaya minimal untuk memasang iklan di detik adalah Rp 0,5 per page views. Artinya jika kita bisa memasang banner kita di Detiknews selama 12 jam, dan dalam 12 jam itu itu situs itu diakses sebanyak 200,000 pageviews, maka biaya yang kita bayar selama waktu itu adalah Rp 0,5 x 200,000 = Rp 100,000,-

Sekedar diketahui, rata-rata pageviews detiknews selama 24 jam sekitar 500,000 pageviews; untuk detiksport juga sama jumlahnya. Sementara untuk detikfinance dan detikinet hanya sekitar 250,000an pageviews. Sedangkan untuk detiksurabaya dan detikbandung hanya sekitar 100,000-an pageviews. Maka jika biaya minimal per page view adalah Rp 0,5 maka Anda bisa menghitung sendiri biaya yang kira-kira harus dikeluarkan untuk memasang iklan selama 24 jam.

Biaya Per Page View dan Sistem Lelang
Tadi disebutkan bahwa biaya iklan di Detik per page viewnya MINIMAL adalah Rp 0,5. Mengapa dikatakan minimal, sebab harga ini bisa naik tergantung pada proses biding antar calon pemasang iklan. Hal ini disebabkan Detik juga menganut sistem biding (lelang) dalam menjual slot iklan banner Adpoint. Artinya untuk bisa memasang iklan itu kita harus melakukan bidding (lelang) dengan para pemasang iklan lainnya.

Dengan demikian, jika para calon pemasang iklannya banyak dan agresif, maka harga itu bisa cepat merambat naik. Misalkan harganya naik dari semual Rp 0,5 per pageview menjadi Rp 0,6, atau Rp 0,7 hingga kadang mencapai Rp 2 per pageview. Dilihat dari angka kelihatan sangat kecil; naik dari Rp 0,5 ke angka Rp 2. Namun dari persentase ini adalah kenaikan empat kali lipat!! Artinya biaya pemasangan iklan di detik adpoint bisa naik empat kali lipat dalam hitungan jam lantaran banyaknya calon pemasang iklan yang berebut ingin memasang iklan di Detik.com; dan masing-masing peserta ini secara agresif saling meningkatkan penawaran harga yang disanggupinya.

Namun memang kenaikan harga itu fluktuatif. Pada hari-hari libur biasanya sedikit peserta yang ingin pasang iklan sehingga biaya relatif stabil bertengger pada angka Rp 0,5 – Rp 0,6 per pageviews. Namun pada hari Senin – Jumat, biasanya harga itu naik dengan cepat, dan rata-rata bertengger pada angka Rp 1 – Rp 1,5 per pageviews.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Berapa Klik terhadap Banner Iklan Kita?
Rata-rata klik pengunjung dari iklan banner di Detik Adpoint relatif tinggi. Dari pengalaman situs online store www.bisniskaos.com yang memasang iklan di Detik Adpoint, terdapat data berikut. Situs www.bisniskaos.com pernah memasang iklan banner di DetikPemilu selama 24 jam. Selama durasi 24 jam ini, iklan banner BisnisKaos dilihat sebanyak 600,000 kali. Rata-rata biaya per page view adalah Rp 0,5 sehingga total biaya pemasangan banner selama 24 jam itu adalah Rp 300,000,- (600,000 view x Rp 0,5).

Dari view sebanyak 600,000 kali itu kemudian terdapat 900 pengunjung yang melakukan klik dan kemudian datang ke web www.bisniskaos.com (silakan klik DISINI untuk melihat toko kaos online paling mak nyuus ini). Dengan kata lain untuk bisa mendatangkan 900 orang berkunjung ke web bisniskaos dibutuhkan biaya Rp 300 ribu. Atau sama dengan 300 rupiah per pengunjung (Rp 300 ribu dibagi 900 klik pengunjung).

Dari analisa diatas bisa disimpulkan bahwa biaya untuk menarik satu pengunjung agar datang ke situs kita adalah Rp 300/visitor.

Harga ini tentu bisa berubah sebab seperti yang diuraikan diatas, layanan pemasangan iklan di Detik Adpoint menggunakan sistem bidding; sehingga jika kebetulan ada banyak calon pemasang iklan biaya menjadi lebih besar. Dari pengalaman memang biaya per klik pengunjung di layanan Detik Adpoint berkisar antara Rp 300 hingga Rp 1000 per klik pengunjung.

Jika Anda punya budget Rp 50 ribu per hari; dan biaya per klik ada di kisaran Rp 500/klik misalnya, maka Anda bisa mendatangkan 100 visitor ke web bisnis online per harinya (Rp 50 ribu dibagi Rp 500).

Untung atau Tidak Memasang Iklan di Detik Adpoint?
Nah pertanyaan kemudian dari 100 pengunjung itu berapa yang kemudian benar-benar membeli produk yang kita tawarkan? Apakah 10, 5 atau nol sama sekali? Ingat, biaya untuk mendapatkan 100 pengunjung itu adalah Rp 50 ribu. Jadi kita hanya akan untung (atau mendapatkan benefit) jika dari 100 pengunjung itu kita bisa memperoleh transaksi yang banyak dan bisa mendapatkan profit diatas Rp 50 ribu.

Dari sejumlah data, terungkap bahwa rata-rata rasio pengunjung yang kemudian benar-benar melakukan pembelian berkisar 1 – 2 %. Jadi kalau ada 100 pengunjung, hanya ada 1 atau 2 pengunjung yang benar-benar melakukan pembelian. Nah pertanyaannya adalah : berapa NET PROFIT yang didapat dari 1 atau 2 transaksi itu.

Katakanlah, kita bisa mendapatkan dua transaksi dari 100 visitor itu. Jika dari dua transaksi ini kita bisa memperoleh net profit – katakanlah Rp 120 ribu – berarti ini akan menguntungkan. Sebab biaya untuk mendapatkan 100 pengunjung itu hanya Rp 50 ribu. Jadi disini kita mendapatkan return sebesar Rp 70 rb (120 rb – 50 rb).

Demikianlah uraian mengenai fitur dan analisa benefit dari penggunaan layanan Detik Adpoint. Untuk membuat web online bisnis kita menjadi makin dikenal kita memang harus melakukan promosi yang berkelanjutan. Sebab tanpa promosi, sedikit orang yang akan mengenal web kita; dan ini artinya akan sedikit pula visitor ke web online bisnis kita. Pengunjung sedikit, maka penjualan sedikit dan profit juga akan sedikit.

(Jika Anda ingin mendapatkan kaos Facebook, kaos Manchester United, kaos Google, dan kaos keren lainnya, silakan KLIk DISINI ).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!